ANALISIS STANDAR HASIL EVALUASI MELALUI PROSES BELAJAR

Authors

  • Yulianti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Rusyd
  • Winda Cahya Wati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Rusyd
  • Adiyono Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Rusyd

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui Standar Evaluasi Pembelajaran yang merupakan patokan hal metode, prosedur, serta instrumen evaluasi hasil belajar partisipan dalam pembelajaran. Standar evaluasi oleh pengajar bagi BSNP melingkupi standar biasa, standar pemograman, standar penerapan, standar pengerjaan serta peliputan hasil evaluasi dan standar eksploitasi hasil evaluasi. Tiap- tiap standar ini memiliki prinsip- prinsip serta patokan yang diresmikan oleh BSNP. Sementara itu, penilaian hasil belajar yang dicoba oleh satuan pembelajara mempunyai 2 standar utama yang wajib dicermati, ialah: standar penentuan kenaikan kelas dan standar penentuan  kelulusan.  Laporan analisis hasil evaluasi disini ada dua cara yaitu laporan kemajuan umum yang diberikan kepada siapa saja yang berminat dengan sasaran utamanya adalah orang tua, peserta didik, dan masyarakat di sekitar sekolah dan laporan kemajuan khusus yang diberikan kepada orang tua dan peserta didik saja. Dari analisis hasil evaluasi ini dapat memberikan banyak manfaat untuk guru atau peserta didik.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Yulianti, Winda Cahya Wati, & Adiyono. (2022). ANALISIS STANDAR HASIL EVALUASI MELALUI PROSES BELAJAR. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 170–176. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.815