PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ANGKRINGAN JOGLO BOYOLALI (AJB)

Authors

  • Henny Kumalasari Widodo Universitas STEKOM
  • Dewi Widyaningsih Universitas STEKOM
  • Suprapti Suprapti Universitas STEKOM
  • Diah Aminnariana Universitas STEKOM

DOI:

https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i1.257

Keywords:

kualitas pelayanan, kualitas produk, loyalitas pelanggan, kuliner

Abstract

Kualitas pelayanan dan kualitas produk pada Angkringan Joglo Boyolali (AJB) merupakan variabel bebas yang dianalisis dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Data penelitian diperoleh dari kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sumber data diambil dari pengisian kuesioner online menggunakan googleform yang nantinya akan diolah menggunakan software SPSS 23.0. Beberapa pengujian data dimulai dari uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linier berganda (uji hipotesis, uji t, dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan dan kualitas produk juga berpengaruh secara simultan terhadap variabel loyalitas pelanggan.

References

A. Karnadi, “Industri Mamin Tumbuh 2,54% pada 2021,” dataindonesia.id, 2011. [Online]. Available: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/industri-mamin-tumbuh-254-pada-2021. [Accessed: 30-Mar-2022].

F. Anggraini and A. Budiarti, “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek,” J. Pendidik. Ekon., vol. 8, no. 3, pp. 86–94, 2020.

K. A. N. Dewi, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Dunkin’ Donuts di Surabaya dan Sidoarjo),” BISMA Bisnis dan ManajemenBisnis dan Manaj., vol. 9, no. 1, 2016.

I. M. Kukuh Familiar, “Management Analysis Journal Pelanggan, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan,” Manag. Anal. J., vol. 4, no. 4, pp. 348–354, 2015.

P. Kotler and K. L. Keller, “Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2,” 2021.

Sambodo Rio Sasongko, “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021.

R. Sugiarsih Duki Saputri, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang,” Cover. J. Strateg. Commun., vol. 10, no. 1, pp. 46–53, 2019.

G. Kotler, Philip & Amstrong, “Principles of Marketing (11 ed.),” New York Pearson Int., 2016.

D. I. N. R. Cardia, I. W. Santika, and N. N. R. Respati, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 8, no. 11, p. 6762, 2019.

J. Mowen and M. Minor, “Perilaku Konsumen Jilid 1 (Edisi 5),” Jakarta: Erlangga, 2018.

E. Satryawati, “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 36–52, 2018.

L. Felicia, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan,” Agora, vol. 4, no. 2, pp. 95–100, 2016.

Ra Kusumajaya, Ar Rivai, 2017, “Pengaruh Citra Lembaga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Komitmen Relasional Dan Dampaknya Pada Positive Word Of Mouth,” Telaah Manajemen Vo. 14 (2), Hal 18 – 32.

Trisno Musanto, “FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN: Studi Kasus Pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 2, p. pp.123-136, 2004.

A. Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi,Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi kelima. 2014.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. 2016.

W. Sari and N. Wening, “Analisis Kinerja Pelayanan , Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kangean,” J. Manaj. Sos. Ekon., vol. 2, no. 1, pp. 11–19, 2022.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Widodo, H. K. ., Widyaningsih, D. ., Suprapti, S., & Aminnariana, D. . (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ANGKRINGAN JOGLO BOYOLALI (AJB). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i1.257

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.