Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Permainan Modifikasi Bola Kasti dengan Bola Voli pada Pembelajaran PJOK di SMPN 13 Surabaya Kelas VII A

Authors

  • M. Makhrus Universitas Negeri Surabaya
  • Andhega Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suparno SMP Negeri 13 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4347

Keywords:

Motivation, The motivation to learn Physical Education, Baseball Games

Abstract

The aim of this research is to determine the increase in students' learning motivation in learning PJOK through a modified game of baseball and volleyball. The method used in this research is the classroom action research method (PTK). The stages of this research were divided into two cycles. From the data obtained in cycle 1, the average student learning motivation was 43.9%, and the data obtained in cycle 2 was 74.72%, with this there was an increase in the average average of 30.82. Thus, there is a considerable increase in students' learning motivation. Obtaining this data is also evidence of the success of providing a modified game of baseball with volleyball to increase students' learning motivation in learning PJOK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. I. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui ice breaking dalam pembelajaran PJOK. Global Journal Sport Science, 1(2), 368–374.

Amanullah, N. R., Irsyada, R., Wahyudi, A., & Putri, D. T. (2024). Penerapan modifikasi permainan Kasvol dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SD Srondol Wetan 04. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 5(1), 275–286.

Amiruddin, M. I., Wijaya, A., & Suparno, A. (2024). Penerapan permainan bola beracun pada awal pembelajaran PJOK untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX di SMPN 13 Surabaya. Journal of Creative Student Research, 2(5), 125–134.

Astutik, S., & Bektiarso, S. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62.

Bab, I. V. (2018). Kebijakan pendidikan. Analisis Kebijakan Pendidikan, 133.

Beauty, T. R. C., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran permainan sirkuit terhadap peningkatan kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).

Dinata, K., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka dalam capaian kompetensi pembelajaran PJOK melalui model CIPP (literature review). Jurnal Porkes, 6(2).

Fernanda, M. H. D. A., Arsil, A., Syamsuar, S., & Sari, D. N. (2023). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK siswa SMP Negeri 1 Bukitinggi. Jurnal JPDO, 6(5), 178–184.

Fernando, J. (2022). Media pembelajaran bola voli interaktif berbasis Android. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(2), 94–99.

Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar PJOK pada siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62–70.

Kurniawan, W. A. (2014). Peningkatan kebugaran jasmani melalui modifikasi permainan lari “Kasvol” dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(3).

Mahfud, M., & Sriyono, S. (2024). Meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli menggunakan modifikasi permainan kasti-voli (Kasvol) pada siswa kelas VII C SMP Negeri 38 Semarang. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 866–876.

Mayanto, A., Taufik, M. S., Wijayanto, A., Solahuddin, S., & Taroreh, B. S. (2021). Model pembelajaran jarak pendek pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 114–120.

Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh permainan olahraga tradisional terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran penjas di sekolah dasar. Dicky Oktora Mudzakir, 10(1), 44–49.

Pertiwi, T. S., & Sutisyana, A. (2017). Pelaksanaan permainan bola kasti dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD/MIN Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 54–58.

Putra, A. P., Rukmana, A., & Rahman, A. A. (2024). Penggunaan bola modifikasi terhadap motivasi belajar siswa pada servis bawah bola voli. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(1), 19–28.

Putri, A. D., & Wijaya, A. (2024). Pengaruh modifikasi permainan bola voli terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 5(1), 70–77.

Rozi, M. F., Putra, J., Suwirman, S., & Arsil, A. (2023). Motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 143–153.

Sebila, F. H., Kusmaedi, N., & Juliantine, T. (2020). Penerapan Teaching Game for Understanding terhadap hasil belajar permainan bola voli. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 23–30.

Souisa, M., & Huliselan, A. (2020). Motivasi belajar siswa SMP Negeri 13 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 73–80.

Published

2024-10-04

How to Cite

M. Makhrus, Andhega Wijaya, & Agus Suparno. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Permainan Modifikasi Bola Kasti dengan Bola Voli pada Pembelajaran PJOK di SMPN 13 Surabaya Kelas VII A. Journal of Creative Student Research, 2(5), 172–181. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4347

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.