Implementasi Permainan Tradisional Batok Kelapa Untuk Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak dan Keseimbangan Tubuh

Authors

  • Nanda Agil Bagus Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Anung Priambodo Universitas Negeri Surabaya
  • Marsudianto Marsudianto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4312

Keywords:

Educational Games, Gross Motor Skills, Physical Activity

Abstract

This research aims to improve the movement coordination and body balance abilities of class 1C students at SDN Pakis 1 Surabaya through the implementation of the traditional coconut shell game. This Classroom Action Research (PTK) was carried out in two cycles, each consisting of planning, action implementation, observation, and reflection stages. The results showed a significant improvement in students' motor skills. At pre-cycle, only 25% of students achieved the expected skills. After implementing the coconut shell game, the percentage of students who completed it increased to 42.86% in the first cycle and 82.14% in the second cycle. This increase indicates that the traditional coconut shell game is an effective method in developing students' movement coordination and body balance skills and providing a fun and active learning experience.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, I. N. A. N., Pramita, I., & Vitalistyawati, L. P. A. (2022). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap keseimbangan statis dan keseimbangan dinamis pada anak-anak usia 6-12 tahun di lingkungan Padang Keling Kelurahan Banyuning Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 56–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.5813938

Afandi, A. (2019). Buku ajar pendidikan dan perkembangan motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Alaska, A., & Hakim, A. A. (2021). Analisis olahraga tradisional lompat tali dan engklek sebagai peningkat kebugaran tubuh di era new normal (Studi literatur). Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03).

Devi, M. S. (2020). Penggunaan permainan tradisional egrang batok kelapa dalam perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan karpet engkle: Aktivitas motorik untuk meningkatkan keseimbangan tubuh anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198.

Hasan, M. N., Husnah, R., & Parastuti, S. A. (2021). Pemanfaatan egrang batok kelapa untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak dan menumbuhkan minat terhadap permainan tradisional. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 155–161.

Juliyanti, J., Tohir, A., Anggraini, H., & Qomario, Q. (2023). Pengaruh permainan tradisional egrang batok kelapa terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Padma Mandiri Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Journal of Dehasen Educational Review, 4(3), 187–192. https://doi.org/10.33258/joder.v4i3.4073

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: Teori dan praktik. Prenada Media.

Maryati, S., & Nurlaela, W. (2021). Permainan tradisional sebagai sarana mengembangkan kemampuan fisik motorik anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61.

Ningsih, S. S., & Suryana, D. (2024). Pengaruh permainan tradisional egrang batok kelapa terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Kartika 1-63 Padan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15845–15856.

Nissa, F. A. K., Septiani Mustar, Y., Anita Kumaat, N., Himawan Susanto, I., Hariyanto, A., Negeri Surabaya, U., & Kesehatan dan Rekreasi, P. (2021). Aktivitas fisik dan screen time remaja di Kota Surabaya pada masa pandemi COVID-19. Sporta Saintika, 6(2), 200–214. https://doi.org/10.24036/sporta.v6i2.192

Noviarti, A., & Ismet, S. (2021). Analisis pengembangan motorik kasar anak usia dini dalam permainan tradisional engklek. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 222–230.

Rofi’ah, D., & Rohman, T. (2023). Pengembangan motorik kasar anak melalui permainan egrang batok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 240–255. https://doi.org/10.5281/zenodo.8173395

Salanindah, R., Amelia, M., Muslihin, H. Y., & Sianturi, R. (2022). Pengaruh permainan tradisional egrang batok untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 3-4 tahun. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1349–1358.

Sani, I. (2017). Upaya meningkatkan keseimbangan tubuh anak dengan menerapkan berbagai inovasi pembelajaran secara variatif sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar anak yang lebih baik. Jurnal Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Kelereng Sendok pada Anak TK, 169–185.

Sengkey, A. R. J. (2023). Perkembangan motorik. Indramayu, Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Sudaryanti, S., Prayitno, P., Arifiyanti, N., & Maharani, O. (2024). Pengembangan kemampuan motorik dan sosial emosional anak usia dini menggunakan permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 114–125. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.387

Sulistiyana, R., Rachmayanie, R., & Alamarani, N. A. (2022). Bimbingan kelompok dengan permainan egrang batok kelapa meningkatkan karakter kerja keras generasi Z. Indonesian Journal Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 51–61. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Wawan, W., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2024). Kemampuan keseimbangan dan koordinasi pada siswa kelas 3 dan 4 sekolah dasar. Jambura Health and Sport Journal, 6(2), 133–145.

Widiana, W., Rudsiyani, I., & Kusumawardani, R. (2022). Penggunaan gawai terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 440–448. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.51352

Yuliantika, D. (2022). Implementasi praktikum ilmu pengetahuan alam dalam penguatan kualitas psikomotorik siswa. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 12–22.

Zahari, Q. F., Prashanti, N. A. S., Salsabella, S., Jumiatmoko, J., Hafidah, R., & Nurjannah, N. E. (2022). Kemampuan fisik motorik anak usia dini dengan masalah obesitas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2844–2851. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1570

Published

2024-09-23

How to Cite

Nanda Agil Bagus Wicaksono, Anung Priambodo, & Marsudianto Marsudianto. (2024). Implementasi Permainan Tradisional Batok Kelapa Untuk Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak dan Keseimbangan Tubuh. Journal of Creative Student Research, 2(5), 106–113. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4312

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.