Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Thifa Ramadhani UIN Imam Bonjol Padang
  • Liola Sinta UIN Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i3.3856

Keywords:

inquiry learning strategy, critical thinking skills, students

Abstract

This research discusses inquiry learning strategies used to improve students' critical thinking skills. Inquiry is a method that allows students to discover knowledge for themselves through a process of investigation and analysis. In this research, the author uses a qualitative approach to understand how inquiry strategies can improve students' critical thinking skills. This research shows that inquiry strategies can improve students' critical thinking skills by enabling them to think critically and analytically. In this way, students can develop more effective thinking skills and improve their ability to solve problems. In this research, the author also found that inquiry strategies can improve students' critical thinking skills by enabling them to actively participate in the learning process. In this way, students can develop more effective thinking skills and improve their ability to solve problems.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarsa, I. G. (2021). Penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 650-660.

Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(2), 209-219. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026884

Elniyeti. (2017). Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 5(1), Riau.

Fauziyah, D. (2015). Penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan pasar. Surabaya.

Fikri, M., & M. E. (2023). Konstruksi berpikir kritis dalam pendidikan Islam: Analisis tafsir Maudhu’i berdasarkan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 115. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/download/11469/5357/46721

Gulo, W. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Hadisi, L. (2014). Inkuiri: Sebuah strategi menuju pembelajaran bermakna. AlTA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(2), 85-98.

Karwono, & Muzni, A. I. (2020). Strategi pembelajaran dalam profesi keguruan. Depok: Rajawali Pers.

Kristanto, Y., & Susilo, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 22(2), 197-208.

Lubis, F. A. (2018). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri divariasikan dengan media mind mapping terhadap minat belajar siswa. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 93-100. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/349/334

Nurdin, Syafruddin, & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Parnawi, A., & Alfisyahrin, R. (2023). Penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan intelektual siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 3(1), 191-200.

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate critical thinking skills in primary schools. Prosiding Seminar Nasional, 742-750, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120.

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan pendekatan open ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX, 58-64, STKIP, Tangerang.

Risqyanto Hasan Hamdani, & Syaiful Islam. (2019). Inovasi strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7(1).

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiasih, S. D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penggunaan model inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat magnet di kelas V SDN Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 421-430.

Wena, M. (2018). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanda, K. O., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari motivasi belajar siswa. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58-67. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/3428

Published

2024-06-08

How to Cite

Thifa Ramadhani, Liola Sinta, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 2(3), 167–179. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i3.3856

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.