Orientasi Pendidikan Islam Pada Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta (STITMA)

Authors

  • Achmad Fadhel Fikri STIT Madani Yogyakarta
  • Hilalludin Hilalludin STIT Madani Yogyakarta
  • Azfa Nabil Shafi STIT Madani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i4.4033

Keywords:

Islamic education, Pesantren-based higher education, Islamic scholarship, Academic environment

Abstract

This research discusses the role of Islamic education at Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, an institution based on pesantren principles integrating formal education with traditional pesantren values. Through a literature review method, the study explores the fostering of Islamic scholarship, the formation of Islamic leadership, Islamic academic environment, and community service at the university. Findings highlight a strong commitment to producing graduates who excel academically while embodying noble character and commitment to Islamic values. The implications underscore the importance of integrating Islamic values into higher education curricula to cultivate a high-quality, globally competitive generation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Baihaqi, Z. I., Haironi, A., & Hilalludin, H. (2024). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius. Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 19(1), 1290-1295.

Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Juliansyah, J., Febriani, R., & Oktarina, N. (2023). Pentingnya pendidikan Islam dalam membentuk karakter generasi muda. Faidatuna, 4(3), 140-149.

Cahyono, H. (2016). Pendidikan karakter: Strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter religius. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 1(02), 230-240.

Dahlia, N. (2021). Studi tentang proses pengembangan koleksi pada perpustakaan STITMA Yogyakarta. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 10(1), 14-16.

Fatmawati, E., & Pd, M. (2015). Profil pesantren mahasiswa; karakteristik kurikulum, desain pengembangan kurikulum, peran pemimpin pesantren. LKIS Pelangi Aksara.

Fitriya, F., & Lukmawati, L. (2016). Hubungan antara regulasi diri dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mitra Adiguna Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 2(1).

Halza, K. E., Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). An in-depth look at the challenges in managing portrait Islamic boarding schools and future prospects. World Journal of Islamic Learning and Teaching, 1(2), 19-30.

Hidayat, M. F., Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). Implementasi nilai solidaritas pada mahasiswa semester 6 prodi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta. Student Scientific Creativity Journal, 2(4), 222-228.

Hilalludin, H., & Althof, G. (2024). Perbedaan tingkat kematangan sosial antara santri pondok pesantren modern dan tradisional. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(3), 201-208.

Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). Nilai-nilai perjuangan pendidikan karakter Islam KH Abdullah Sa’id. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 283-289.

Jemani, A., & Zamroni, M. A. (2020). Tantangan pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 126-140.

Limnata, R. B., Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). Kompetensi kepribadian dan bahasa santun guru pendidikan agama Islam. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 147-159.

Minarti, S. (2022). Ilmu pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah.

Mukhlis, M., Rasyidi, A., & Husna, H. (2024). Tujuan pendidikan Islam: Dunia, akhirat dan pembentukan karakter Muslim dalam membentuk individu yang berakhlak dan berkontribusi positif. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1-20.

Musyaffa, R. I., Hilalludin, H., Hidayat, M. F., & Prianto, Y. A. (2024). Penerapan prinsip-prinsip kepesantrenan pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta menurut undang-undang kepesantrenan. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 230-237.

Ningsih, E. K. (2022). Strategi pembentukan karakter kepemimpinan santri (studi pada pengurus organisasi pelajar Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 3(2), 95.

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan strategi perguruan tinggi dalam menghadapi era Society 5.0. Journal of Computer, Information System, & Technology Management, 3(1), 1-7.

Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum pendidikan Islam dan strategi pengembangannya dalam menghadapi tuntutan kompetensi masa depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1).

Wahyudin, M. I., Hilalludin, H., & Haironi, A. (2024). Peran dosen dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta (STITMA). Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 130-136.

Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2017). Strategi marketing public relations perguruan tinggi Islam swasta: Peluang dan tantangan di era MEA. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 1-10.

Published

2024-07-17

How to Cite

Achmad Fadhel Fikri, Hilalludin Hilalludin, & Azfa Nabil Shafi. (2024). Orientasi Pendidikan Islam Pada Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta (STITMA). Journal of Creative Student Research, 2(4), 117–125. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i4.4033

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.