Supervisi Kolaboratif dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SD IT Al Manar Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan kabupaten Kotawaringin Barat Pangkalan Bun Kalimantan Tengah
DOI:
https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.899Keywords:
supervisi kolaboratif, kompetensi profesional guru.Abstract
Permasalahan penelitiannya terlihat kepala sekolah, selama ini kepala sekolah melaksanakan tugas supervisi akademiknya dengan menerapkan pendekatan supervisi langsung secara individual, dengan cara mendatangi guru yang sedang bertugas, mengamati kinerjanya dan melakukan penilaian. Pendekatan supervisi individual ini tidak terlalu efektif untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya khususnya yang berkaitan dengan kompetensi profesionalnya. Hasil kajian empirik yang peneliti lakukan terhadap guru-guru di SD IT Al Manar Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan kabupaten Kotawaringin Barat Pangkalan Bun Kalimantan Tengah menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru masih rendah terutama pada kompetensi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Tujuan penelitinnya adalah untuk mendeskripsikan supervisi kolaboratif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD IT Al Manar Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan kabupaten Kotawaringin Barat Pangkalan Bun Kalimantan Tengah . Rancangan penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan Penelitian Tindakan sekolah (PTS). Metode yang pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: pelaksanaan tindakan terdapat peningkatan dalam kompetensi profesional guru melalui proses perbaikan, yakni dari 61.81% menjadi 83.18%. Berarti ada peningkatan sebanyak 22% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian menunjukkan peningkatan yang signifikan, ketercapaian hasil penilaian kompetensi profesional guru sesuai dengan yang diharapkan yaitu jika supervisi kolaboratif dilakukan dengan maksimal, maka dapat kompetensi profesional guru akan meningkat.
Downloads
References
Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2321–2326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8285.
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496.
Damsik, M. G. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Conciencia, 17(2), 46–57.
Darma, A. (2017). Perilaku Profesional Guru Progresif. Potensia Jurnal Kependidikan Islam, 3(2).
Farkhan, Akhmad. 2014. Pendekatan Supervisi Pendidikan (Implementasi Pendekatan Supervisi Pendidikan).http://farkhanbanget.weebly.com/6/post/2014/03.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media.
Glickman, C.D 1995. Supervision of Instruction. Boston: Allyn And Bacon Inc.
Istibsjaroh, I., & Agustina, P. (2013). Peran Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Belajar Mengajar Di Sma Negeri Bareng Jombang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/50.
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Nahdi, D.S. & Cahyaningsih, U. (2019). Keterampilan Guru SD Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 57-63.
Nugraha, M. S. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Nadwa, 9(1). https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.1.520.
Purwadarminta, 2003, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka Jakata.
Purwanto, N. (2002). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim.2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sahertian,, Piet A. (2000), Konsep Dasar Dan Tehnik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina, (2011) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Prenada Media.
Slameto. 2017. Supervisi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Siarni, dkk. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 94-104.
Tanama, Y. J., Supriyanto, A., Universitas, M. P., & Malang, N. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127.
Yusufhadi, Miarso. (2011), Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.