Pengaruh Perilaku Konsumen Aplikasi Traveloka terhadap Kepuasan Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.311Keywords:
Perilaku Konsumen, Kepuasan konsumen, Traveloka.comAbstract
Di era globalisasi ini berbelanja menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dulunya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya mereka harus datang langsung ke penjualnya. Namun pada saat ini mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan membeli secara online. Perubahan perilaku konsumen tersebut tentunya terjadi tidak begitu saja, namun ada hal-hal yang mempengaruhinya seperti faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Penelitian ini bertunjuan untuk melihat pengaruh perilaku konsumen terhadap kepuasan konsumen dalam membeli tiket pesawat secara online pada situs traveloka.com.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 penyebaran kuisoner dilakakukn secara online melalui Google Form. Dalam penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku konsumen memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli tiket pesawat secara online pada situs Traveloka.com. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana, yaitu Y = 4,335+ 0,272X. Hasil tersebut menunjukan bahwa variabel X (Perilaku Konsumen) berpengaruh posistif terhadap varibel Y (Kepuasan Konsumen) dengan pengaruh sebesar 33% dan sisanya sebesar 67%merupakan sumbangan dari variabel lain di luar variabel perilaku konsumen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.