Pengaruh Perilaku Konsumen Aplikasi Traveloka terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Linda Linda
  • You She Melly Anne Dharasta Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.311

Keywords:

Perilaku Konsumen, Kepuasan konsumen, Traveloka.com

Abstract

Di era globalisasi ini berbelanja menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.  Dulunya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya mereka harus datang langsung ke penjualnya. Namun pada saat ini mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan membeli secara online. Perubahan perilaku konsumen tersebut tentunya terjadi tidak begitu saja, namun ada hal-hal yang mempengaruhinya seperti faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Penelitian ini bertunjuan untuk melihat pengaruh perilaku konsumen terhadap kepuasan konsumen dalam membeli tiket pesawat secara online pada situs traveloka.com.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 penyebaran kuisoner dilakakukn secara online melalui Google Form. Dalam penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku konsumen memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli tiket pesawat secara online pada situs Traveloka.com. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana, yaitu Y = 4,335+ 0,272X. Hasil tersebut menunjukan  bahwa variabel X (Perilaku Konsumen) berpengaruh posistif terhadap varibel Y (Kepuasan Konsumen) dengan pengaruh sebesar 33% dan sisanya sebesar 67%merupakan sumbangan dari variabel lain di luar variabel perilaku konsumen.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Linda, L., & Dharasta , Y. S. M. A. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Aplikasi Traveloka terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 42–48. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.311

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.