Pengaruh Kualitas Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD)

Authors

  • Joni Tesmanto Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Nijan Subarja Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i1.69

Keywords:

Fasilitas Rumah, Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Bisnis dalam bidang kesehatan atau rumah sakit semakin tajam di era globalisasi. Hal ini menuntut pengelola atau perusahaan rumah sakit kanker dharmais untuk siap bersaing. Pelaksanaan pelatihan pelayanan dokter pada Rumah Sakit Kanker Dharmaissudah berjalan sesuai dengan SOP.Rumah Sakit Kanker Dharmais telah menetapkan standar fasilitas Rumah Sakit dan pelayanan dokter yang baik, serta pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan pasien pada Rumah Sakit Kanker Dharmais sangat berhubungan.

Pelayanan yang baik merupakan penentu keberhasilan tingkat kepuasan pasien. Meski begitu, fasilitas yang lengkap tetap menjadi prioritas. Pelayanan dan fasilitas yang semakin baik akan berbanding lurus dengan kepuasan pasien, namun sebaliknya jika menurun maka akan berdampak pada jumlah pasien. Kualitas pelayanan dokter secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka saran yang diberikan adalah fasilitas rumah sakit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Rumah sakit harus selalu meningkatkan fasilitas dari waktu ke waktu dan mengikuti perkembangan teknologi kedokteran terkini. RS Kanker Dharmais juga diharapkan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan dokter kepada pasien agar pasien tidak berpindah ke rumah sakit lain dan dapat meningkatkan jumlah pasien. Sebisa mungkin ciptakan suasana yang aman, nyaman, dan bersahabat bagi pasien sehingga pasien merasa dihargai dan dihormati.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Tesmanto, J. ., & Subarja, N. . (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD). Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i1.69

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.