Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Keaktifan Organisasi Tentang Antusiasme Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020-2021 Uniwara
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4700Keywords:
Education, Organizational Participation, Interest in Business, Students, Economic Education, EntrepreneurshipAbstract
This study aims to analyze the impact of education level and organizational participation on Economic Education students' interest in entrepreneurship at PGRI Wiranegara University (UNIWARA) class of 2021-2022. The methodology applied in this research is a quantitative approach using a survey. Information was obtained through questionnaires administered to students and analyzed using statistical methods. Research findings indicate that education plays an important role in influencing interest in entrepreneurship, where formal education provides the knowledge and skills needed for entrepreneurship. Apart from that, participation in organizations also has a good impact on interest in entrepreneurship, because it provides practical experience and opportunities to network. The combination of these two factors shows a more significant impact than if you only pay attention to one factor alone. It is hoped that the results of this research can contribute to the development of the entrepreneurship education curriculum and extracurricular activities to increase students' interest in entrepreneurship.
Downloads
References
Abror, F. (2021). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, pola pikir kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang).
Adinda, N. (2022). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Palopo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo).
Anjani, N. S. (2018). Pengaruh prestasi belajar, masa studi, dan keaktifan berorganisasi terhadap masa tunggu dan relevansi pekerjaan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(6), 554-565.
Ayuningtias, H. A., & Ekawati, S. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Jurnal Ekonomi, 20(01), 49-71.
Diksan, Y. B. (2024). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial melalui motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (Doctoral dissertation).
Dwi Astuti, R. (2018). Kesiapan kerja mahasiswa ditinjau dari perilaku entrepreneur dan keaktifan berorganisasi pada mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP-UMS angkatan tahun 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Education, T. E. (2021). Menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa melalui pendidikan kewirausahaan berbasis caring economics. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 18, 1.
Harahap, E. F. (2022). Peran pembelajaran akuntansi terhadap minat wirausaha mahasiswa learning manajemen system sebagai variabel moderating. Jurnal Algoritma, 19(1), 297-304.
Ikasari, V. (2019). Pengaruh lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap soft skills mahasiswa pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, FISE-UNY.
Kusuma, D. S. (n.d.). Program studi pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Lumbantoruan, N. (2020). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan).
Mariska, R., Tamrin, M., & Syahrir, L. (2024). Pengaruh program pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 224-233.
Milla, H., & Febriola, D. (2022). Analisis pengambilan keputusan memilih masuk program studi pendidikan ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 149-158.
Permata, D. I. (2024). Pengaruh motivasi belajar dan keaktifan perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Madiun).
Prasetyo, S., Widyantoko, F., Pathonah, N., & Rosidah, S. (2019). Pengaruh lingkungan eksternal terhadap minat wirausaha mahasiswa. Jurnal Sosial dan Humanis Sains (JSHS), 4(2), 81-88.
Pratama, D. S., & Widiyanto, W. (2018). Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa pendidikan ekonomi koperasi 2015 menjadi anggota koperasi. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 939-944.
Rohimat, A. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa melalui intensi (Survei pada mahasiswa angkatan 2018) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Sangadah, F. (2019). Pengaruh perkuliahan dan praktikum kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha pada mahasiswa ekonomi syariah semester 8 angkatan 2015 di IAIN Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Supriyanto, E., Ismail, K., & Sinta, V. (2024). Pengaruh literasi digital dan penggunaan e-commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Nurul Huda. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 3(2), 69-74.
Zulatsari, M. L. R., & Soesatyo, Y. (2018). Pengaruh literasi ekonomi dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Creative Student Research

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.