Mengurai Problem Penderitaan Tiada Tara Mahasiswa Abadi
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1170Keywords:
Problem, Penderitaan, Mahasiswa AbadiAbstract
Artikel ini bertujuan mengurai problem derita tiada tara mahasiswa abadi. Riset merupakan jenis kualitatif dengan setting library research. Penelitian menyimpulkan bahwa mahasiswa abadi adalah sebuah julukan bagi mahasiswa yang menjalani kuliah dalam waktu melebihi kebanyakan mahasiswa lainnya. Fenomena ini merupakan realitas dibanyak kampus di Indonesia. Langkah strategis percepatan kuliah mahasiswa abadi di antaranya: memberi kemudahan dalam percepatan nilai, membangun komunikasi melalui jurusan, perlakuan khusus dosen pembimbing bagi mahasiswa abadi, memberikan pembimbing yang mudah komunikasi, pemberdayaan dosen wali dalam memberikan motivasi, pemanggilan dari Fakultas bagi mahasiswa semester sepuh, terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT), menghadirkan wali mahasiswa abadi untuk sharing dan Audensi dengan mahasiswa abadi. Langkah strategis tersebut bisa dilakukan guna mengurai problem mahasiswa abadi di perguruan tinggi.
Downloads
References
Abdurakhman, H. (2019). Mahasiswa Abadi. https://edukasi.kompas.com/
Anak_unhas. (2015). Klasifikasi mahasiswa S1 berdasarkan semester. https://twitter.com/anak_unhas/status/598532826577809408
Angesti, A. N., & Manikam, R. M. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Fakultas Kesehatan Universitas MH. Thamrin. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.37012/jik.v12i1.135
Anwar, S., Kudadiri, S., & Wijaya, C. (2019). Peran Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Aceh Tenggara sebagai Agent of Social Change. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(2), 179–187. https://doi.org/10.24114/antro.v4i2.11950
Ashari, N. W., & Salwah, S. (2020). Pengaruh Risiliensi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.267
Böke, B. N., Mills, D. J., Mettler, J., & Heath, N. L. (2019). Stress and coping patterns of university students. Journal of College Student Development, 60(1), 85–103. https://doi.org/10.1353/csd.2019.0005
CA. (2022). Wawancara dengan Mahasiswa legend tentang perjalanan hidup.
Cabanach, R. G., Souto-Gestal, A., González-Doniz, L., & Taboada, V. F. (2018). Profiles of coping and academic stress among university students. Revista de Investigacion Educativa, 36(2), 421–433. https://doi.org/10.6018/rie.36.2.290901
Fenn, P. (2020). The Deep Learning Revolution. Information, Communication & Society, 23(7), 1098–1099. https://doi.org/10.1080/1369118x.2020.1726988
Firmin, M. W., Younkin, F. L., Sackett, T. A., Fletcher, J., Jones, T., & Parrish, E. (2019). Qualitative Perspectives of Homeschool Parents Regarding Perceived Educational Success. Journal of Higher Education Theory and Practice, 19(1), 44–55. https://doi.org/10.33423/jhetp.v19i1.667
Goel, M., & Verma, J. P. (2021). Workplace stress and coping mechanism in a cohort of Indian service industry. Asia Pacific Management Review, 26(4), 113–129. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2020.10.001
Grid.ID. (2017). Umur 85 Tahun, Meraih Gelar Sarjana. http://nationalgeographic.co.id/
Hafidz. (2023, January 22). Wawancara dengan bagian admin Kampus Universitas Sanis Al-Qur’an tentang Mahasiswa Abadi “M.” Interview.
Hertian, N. (2019). Ini Dia 20 Tipe Tipe Mahasiswa yang Pasti Ada di Kampusmu. https://www.shopback.co.id/
Hidayat, V. (2019). Kebermaknaan Hidup pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 141–152. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1491
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73–80. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80
Illerisis, K. (2018). Contemporary Theories of Learning. London: Routledge.
Ma`arif, M. A. (2019). Internalisasi Nilai Multikulutural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi ( Studi Di Di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang). Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 164–189. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.179
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Mamikos. (2018). Agar Terhindar dari Julukan Mahasiswa Abadi, Persiapkan 10 Hal ini Sejak Awal Kuliah. https://mamikos.com/
Mansur, L. (2022). Wawancara dengan mahasiswa abadi jurusan Pendidikan Bahasa Arab tetang Dinamika Kuliah.
Martadinata, A. M. (2019). Peran Mahasiswa dalam Pembangunan di Indonesia. Idea : Jurnal Humaniora, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.2435
Merida, S. C., Febrieta, D., Husnah, H., Ria, R., & Novianti, R. (2021). Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dan Student Well-Being Pada Mahasiswa Semester Akhir. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(2), 133–142. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.5695
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. California: SAGE Publications.
Muhammad, W. (2016). Ketika Para LEGEND Benar-Benar Bertoga. https://waromuhammad.blogspot.com/
Perdana, C. (2014). Skripsick: Derita Mahasiswa Abadi. Jakarta selatan : Matahari.
Pranoto, D. S. (2017). 75 Tahun Kuliah, “Mahasiswa Abadi” Ini Akhirnya Lulus. liputan6.com
Raharjo, R. (2014). Problem dan Solusi Studi Mahasiswa Semester Tua. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 313–333. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.584
Rustam, S. (2020). Penerapan Optimasi Jumlah Kluster Pada Kmeans Untuk Pengelompokan Kelas Mata Kuliah Kosentrasi Mahasiswa Semester Akhir. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.51876/simtek.v5i1.64
Sari, D. Y., & Sunesti, Y. (2021). Body Shaming, Citra Tubuh Ideal Dan Kaum Muda Kampus: Studi Fenomenologi Terhadap Mahasiswa UNS. Journal of Development and Social Change, 4(2), 40–55. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jodasc.v4i2.50718
Sena, I. G. M. W., & Ulansari, N. L. P. (2020). Peranan Dhyana (Meditasi) Dalam Mengurangi Stres Pada Mahasiswa Semester Akhir. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 7(2), 104–113.
Sudrajat, A. A. (2017). 7 Hal yang Bisa Membuatmu Jadi Mahasiswa Abadi. https://www.idntimes.com/
Syafii, M., & Musri, M. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Sebagai Sumber Daya Manusia Yang Siap Menghadapi Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Era Industri (SNEI) 4.0, 1(1), 70–78. https://doi.org/http://ejournal.upmi.ac.id/index.php/snei/article/view/35/25
Tarigan, A. H. Z., Appulembang, Y. A., & Nugroho, I. P. (2021). Pengaruh Stress Management Terhadap Resiliensi Mahasiswa Semester Akhir Di Palembang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(1), 12–17. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i1.4989
Widodo, A. (2016). Ciri-ciri Mahasiswa Berikut Akan Menentukan Tipe Mahasiswa Apakah Kamu. https://www.hipwee.com/
Wijikapindho, R. A., & Hadi, C. (2021). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1313–1318. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28820
Yasir, D. (2016). 4 Hal Ini Biasa Dirasain Mahasiswa Sepuh, Legend, atau Tingkat Akhir. https://www.hipwee.com/
Yavuz, H. B. (2020). Stress coping strategies of university students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1202–1217. https://doi.org/10.18844/CJES.V15I5.5171
YM. (2022, November 29). Wawancara dengan mahasiswa abadi tentang keadaan hatinya.
Zainuri, A. (2022). Apa Salahnya Menjadi Mahasiswa Abadi, Kalau Menjadi Sarjana Saja Masih Menganggur. https://zonamahasiswa.id/
Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.