MOTIVASI DAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1051Keywords:
Motivasi, Kreativitas BerwirausahaAbstract
Wirausahawan ialah orang yang mampu berinovasi dalam menciptakan usaha baru berdasarkan peluang yang ada untuk mencapai keberhasilan dari tujuannya. Salah satu faktor dalam keberhasilan berwirausaha adalah motivasi yang tinggi untuk berwirausaha. Kewirausahaan saat ini mulai berkembang secara bertahap seiring dengan berkembangnya teknologi.Penelitian ini bertujuan umtuk menggambarkan motivasi wirausaha berdasarkan studi literatur yang komprehensif. Metode yang digunakan yaitu review literatur dengan menggunakan pemahaman data-data penelitian terdahulu yang bersumber dari refrensi jurnal di internet yang berkaitan dengan motivasi wirausahawan. Berdasarkan kajian tersebut ditemukan bahwa motivasi berwirausaha pada dipengaruhi oleh 3 faktor utama antara lain : Keinginan untuk keluar dari pekerjaan yang membatasi mereka, keinginan untuk keluar dari pengawasan, dan menolak stereotip sosial yang cenderung dipaksakan. Motivasi utama wirausaha adalah fleksibilitas profesional pekerjaan, kemandirian finansial, kemampuan mengambil resiko, status sosial, bekerja secara mandiri dan pengangguran telah memotivasi memulai usaha kecil.
Downloads
References
Ananta, R. K. E., Djalali, A., & Farid, M. (2014). Minat Wirausaha, Konsep Diri Dan Kreativitas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 48–57.
Dzulfikri, A., & Kusworo, B. (2017). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 183–200. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310
(Darmadi, 2011 dalam Nursalam, 2016) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fatkhurahman, F., & Hadiyati, H. (2021). Kreativitas Berwirausaha Dan Dampaknya Pada Motivasi Praktek Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 1. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.131-138
Febrianurdi, A. B., & Kurniawan, J. E. (2017). Hubungan motivasi berprestasi dengan minat berwirausaha mahasiswa psikologi. Psychopreneur Journal, 1(1), 76–84.
Hayati, J. (2019). Membangun Motivasi Dan Kreativitas Berwirausaha Sejak Dini Pada Anak-Anak TPA Masjid Baitul Makmur. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, November, 223–228.
Husna, A. N., Zahra, A. A., & Haq, A. L. A. (2018). Entrepreneurship Monitoring Report 2015 tentang kondisi kewirausahaan Indonesia , Karakter-karakter Upaya penyederhanaan konsep karakter wirausaha pun dilakukan dengan cara memeriksa sifat dan kekuatan. Jurnal Psikologi, 17(2), 143160. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/18804
In, M., Ilmiawan, A., & Biomed, M. (2021). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh : Repository.Usm.Ac.Id, 3–5. https://repository.usm.ac.id/files/dedication/G067/20210831100411-PENINGKATAN-KEMAMPUAN-SISWA-BERBASIS-ARDUINO-UNTUK-MIKRO-INDUSTRI-PADA-SISWA-SMK-NEGERI-8--SEMARANG.pdf
Mahesa, A. D., & Rahardja, E. (2012). Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha. Diponegoro Journal of Management, 1(4), 130–137. http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/787
Ningrum, M., Latifah, A. I., Pawaka, A. F., & ... (2020). Motivasi Wirausaha Wanita: Studi Literatur Sistematis. The 11th University Reasearch Colloquium, 105–110. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1077
Oblivia, V., Indriyani, R., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013). Lombok Barat. 1(1).
Paramithasari, P. S., Yuliani, D., Seprina, C. A., Almamada, J., & Nurul, A. H. (2020). Kreativitas Pada Wirausahawan: Studi Literatur. Erecol, 90–93.
Rohmah Adi, K., & Idris, I. (2021). Peran lingkungan keluarga dalam mengembangkan wirausaha muda. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um022v6i12021p1
Sabrina, R. (2017). Hubungan Antara Stres Kerja dan Kreativitas Terhadap Prestasi Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 41–49. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i1.4329
Wisesa, D., & Indrawati, K. R. (2016). Hubungan Adversity Quotient Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Udayana Yang Mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 187–195. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i02.p02
Zahra, A. A., & Husna, A. N. (2021). Intensi Berwirausaha Pengusaha Muslim: Peran Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pendirian Usaha. Jurnal Psikologi Integratif, 9(2), 194. https://doi.org/10.14421/jpsi.v9i2.2202