EFEKTIVITAS PENYULUHAN SADARI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BUNTUNG

Authors

  • Rofiqo Larasati Philip Institut Kesehatan Mitra Bunda, Batam
  • Hazen Aziz Institut Kesehatan Mitra Bunda, Batam
  • Larince Larince Institut Kesehatan Mitra Bunda, Batam
  • Umy Nabila Institut Kesehatan Mitra Bunda, Batam

DOI:

https://doi.org/10.55606/termometer.v1i1.1190

Keywords:

Penyuluhan, Pemeriksaan Payudara Sendiri, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Saat ini kanker masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia. Insiden kanker tertinggi pada perempuan di Indonesia adalah kanker payudara. Salah satu cara mendeteksi dini kanker payudara yaitu dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Kebanyakan perempuan tidak melakukan SADARI karena kurangnya pengetahuan dan tidak adanya minat tentang SADARI sehingga perempuan yang melakukan SADARI masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penyuluhan SADARI menggunakan media video terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Buntung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain quasi-experiment dengan nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan Teknik Randomized dengan jumlah responden sebanyak 48 respondden. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent t-test dan Mann-Whitney. Hasil Analisa data tingkat pengetahuan siswi sesudah diberikan intervensi penyuluhan SADARI dengaan media video diperoleh p< 0,05 dan Analisa data sikap siswi setelah diberikan penyuluhan SADARI dengan media video diperoleh nilai p< 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhhan SADARI dengan media video efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang SADARI. Oleh, karena itu perlu adanya media video dalam pendidikan kesehatan SADARI agar pengetahuan ddan sikap remaja meningkat.

 

References

American Cancer Society (2020) „Cancer Facts and Figures “ Special Section: Cancer in Adolescents and Young Adults”‟.

Busyaeri, A., Udin, T. and Zaenuddin, A. (2016) „Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon‟, Jurnal Al Ibtida’, 3(20), pp. 116–137.

Dewi, W. (2017) Teori serta Pengukuran Pengetahuan dan Sikap. Jakarta : Andi.

Dinkes Daerah Instimewa Yogyakarta (2020) „Profil Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta‟.

Hapsari, F. N. and Dwihestie, L. K. (2018) „Pengaruh Penyuluhan Kanker Payudara Terhadap Minat Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Pada Remaja SMAN 1 Jatinom‟, Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 0231, pp. 57–66.

Indriyani, L. (2019) „Pemanfaatan Media pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa‟, in Seminar Nasional Pendidikan.

Induniasih and Ratna, W. (2017) Promosi Kesehatan : Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Katharina, T. and Yuliana (2018) „Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Melalui Audio Visual dengan Hasil Pengetahuan Setelah Penyuluhan Pada Remaja SMA Negeri 2 Pontianak‟, Jurnal Kebidanan, 8, pp. 8–15.

Notoatmodjo, S. (2011) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Jakarta : Rineka Cipta.

Sari, W. (2019) Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan Tentang Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Remaja Putri di SMAN 1 Sanden Bantul Tahun 2019.

Swestivioka, I., Maulida, I. and Rahmanindar,

N. (2019) „Perbandingan Metode Audio Dan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri ( SADARI ) Pada Remaja Putri‟, The Southeast Asian Journal of Midwifery, 5(2), pp. 55–58.

Wahyuningsih and Rizky, F. (2018) „Health Education By Using Slide and Video For Improving Breast Care Knowledge‟, Indonesian Journal of Nursing and Midwifery, 7642(3), pp. 189–194.

WHO (2021) „Indonesia Source : Globocan 2020‟, 858, pp. 2020–2021.

YKPI (2013) „Home :Yayasan Kanker Payudara Indonesia‟. Jakarta.

Yulinda, A. and Fitriyah, N. (2018) „The Effectiveness Of Health Education With Lecture And Audiovisual Methods To Improve Knowledge And Attitude About BSE In SMKN 5 Surabaya‟, Jurnal

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Rofiqo Larasati Philip, Hazen Aziz, Larince, . L., & Umy Nabila. (2023). EFEKTIVITAS PENYULUHAN SADARI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BUNTUNG . Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(1), 169–179. https://doi.org/10.55606/termometer.v1i1.1190