Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Kelas VI SDN Sekargadung 2 Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Wandar Rizky Ramadhani Universitas Trunojoyo Madura
  • Conny Dian Sumadi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2373

Keywords:

Think Pair Share (TPS), Social Attitudes, Collaboration, Confidence, Thematic

Abstract

This study aims to (1) find out whether there is a significant influence of the TPS learning model in terms of the social attitude of cooperation and student confidence, (2) find out how the effectiveness of the TPS learning model is seen from the social attitude of cooperation and student confidence, (3) find out how learning is implemented TPS. This research is a quantitative research with experimental research type, the design used is Quasi Experimental Design with Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. ;Data was collected using a questionnaire, and observation. The results of the calculation of the Independent Sample t-test obtained t count = 6.378 and t table = 2.018 and obtained a significance value of 0.000. Based on the test criteria if t count > t table (6.378 > 2.018) and if the Sig. (2-tailed) < 0.05 (0.000 < 0.05) then Ho is rejected and Ha is accepted, while the Effect Size test obtains a large category with a value of 1.92, meaning that there is an effectiveness of the Think Pair Share (TPS) learning model in terms of social attitudes of cooperation and self-confidence of class VI students of SD Negeri Sekargadung 2, Mojokerto Regency.

References

Afoan, M. Y., Sepe, F., & Djalo, A. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2054-2058.

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Akbar, Sa’adun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Amri, M. I. U., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi anak sekolah dasar pada situasi pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 13-23.

Apriza, B. (2019, August). Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Literasi Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 216-223)

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji effect size model pembelajaran scramble dengan media video terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265-275.

Ekawardhana, N. E. (2020). Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media video conference. In Seminar Nasional Ilmu Terapan (Vol. 4, No. 1).

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56.

Hidayati, Nurul (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dan Keterampilan Regulasi Diri Siswa Kelas VI MIN Malang 1 Kota Malang. Skripsi. Malang. Universitas Isla Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Imani, P. G. K., Zahara, R., & Suherman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 109-118.

Indrastuti, W., Utaya, S., & Irawan, E. B. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1037-1042.

Ismail, Fajri. 2018. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Imu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadama Group.

Janti, S. (2014). Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. Prosiding Snast, 155-160.

Khairunnisa, K., Sari, F. F., Anggelena, M., Agustina, D., & Nursa'adah, E. (2022). Penggunaan Effect Size Sebagai Mediasi dalam Koreksi Efek Suatu Penelitian. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(2), 138-151.

Khasanah, N., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 48-53.

Krisanti, M. A. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT. Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35-48.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal riset pendidikan matematika, 1(2), 176-187

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643.

Latifah, S., & Kusyeni, M. (2017). Efektivitas strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains di SMP N 22 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2).

Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu lembar kerja siswa berbasis saintifik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 230-237.

Nurazizah, K. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengaruh model kooperatif tipe think pair share terhadap kerjasama siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 80-88.

Nurdin, Ismail., & Sri Hartani. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode kolmogorov-smirnov, lilliefors, shapiro-wilk, dan skewness-kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 3(2), 127-135.

Palupi, R., Yulianna, D. A., & Winarsih, S. S. (2021). Analisa Perbandingan Rumus Haversine Dan Rumus Euclidean Berbasis Sistem Informasi Geografis Menggunakan Metode Independent Sample t-Test. JITU: Journal Informatic Technology And Communication, 5(1), 40-47.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7-11.

Revita, R., Kurniati, A., & Andriani, L. (2018). Analisis instrumen tes akhir kemampuan komunikasi matematika untuk siswa smp pada materi fungsi dan relasI. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8-19.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Sari, C. H (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Sahare Berbantu Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belejar Kelas III di MIN 8 bandar Lampung. Skripsi. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Soeprajogo, M. P., & Ratnaningsih, N. (2020). Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T. Pusat Mata Nasional. Rumah Sakit Mata CICENDO.

Sucahyanti, K. N., Adnyana, I. B., & Santiasa, I. M. P. A. (2018). Pengembangan instrumen asesmen mind mapping untuk menilai pemahaman konsep biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 5(2), 113-122.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bangdung: Alfabeta

Tobing, S. O. L., Panjaitan, M., & Sitio, H. (2022). Pengaruh media pembelajaran kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 pada pembelajarantematik tema 3 subtema 2 di SD Negeri 091488 Bah Sampuran. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 191-198.

Triana, W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 55/I Sridadi. Jurnal Meningkatkan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Tema Sehat Itu Penting Kelas V Sd Negeri 55/I Sridadi.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Zurqoni. (2020). Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Wandar Rizky Ramadhani, & Conny Dian Sumadi. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Kelas VI SDN Sekargadung 2 Kabupaten Mojokerto. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 147–169. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2373

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.