IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK PEMILIHAN KARIER PADA SISWA SMK SUNAN AMPEL MENGANTI GRESIK

Authors

  • Cindy Asli Pravesti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dimas Ardika Miftah Farid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Maghfirotul Lathifah
  • Hartono Hartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i2.236

Keywords:

Implementasi, Layanan Bimbingan Karier, Pemilihan Karier

Abstract

Tidak dapat disangkal bahwa pemilihan karier merupakan salah satu keputusan penting yang dibuat dalam kehidupan. Ironisnya, keputusan dalam memilih karier sering dibuat tanpa dipikirkan dan terlalu dini dalam mengambil keputusan. Pemilihan karier harus dipilih dengan sangat hati-hati, dipikirkan dan direncanakan. Tujuan dari kegiatan PKM ini ialah siswa mampu memilih karier sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini ialah ceramah, diskusi, tanya jawab, simulasi dan praktik. Hasil dari kegiatan PKM ini ialah layanan bimbingan klasikal yang telah disampaikan pada kegiatan PKM sangat dibutuhkan dan harus berkelanjutan. Layanan tersebut memberikan dampak yang sangat luar biasa dimana tujuan dan manfaat dari implementasi layanan bimbingan klasikal yakni siswa mampu merencanakan, mengembangkan, memilih dan mandiri dalam mengambil keputusan karier sesuai dengan potensi yang dimiliki

References

Badiah, L. I., Lathifah, M., & Pravesti, C. A. (2017). Layanan Informasi untuk Meningkatkan Self-Knowlegde dalam Mengarahkan Karier pada Anak Tunanetra di SLB A YPAB Surabaya. 7(24).

Lucanus, A. (2021). 3 Reasons Why Career Choices Are More Important Than Ever. https://www.entrepreneur.com/article/381968

Meddour, H., Abdo, A. A. M., Majid, A. H. A., Auf, M. A. A., & Aman, A. M. (2016). Factors affecting career choice among undergraduate students in universitas Indonesia. International Journal of Economic Perspectives, 10(4), 630–644.

Ortega, L. M., Cerda, G., Ramos-Romero, J., & Restrepo, C. I. (2014). Guide for providing comprehensive career guidance services to disadvantaged youth. 74. www.youthneo.org, www.iyfnet.org/neo and www.fomin.org

Özlen, M. K., & Arnaut, D. (2013). Career Decisions of University Students. Journal of Community Positive Practices, 2, 92–107. https://doi.org/10.2307/4448805

Pravesti, C. A., Mufidah, E. F., Ardika, D., & Farid, M. (2022). Pentingnya Self-Regulated Learning pada Mahasiswa. April, 8–18.

Putra, R. T., Utomo, A. W., & Keolahragaan, P. I. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Kondisi Fisik Atlet Panahan Kabupaten Banjarnegara. 1(2).

Roy, P. (2020). Career Guidance: A Way of Life. SSRN Electronic Journal, 39, 22–31. https://doi.org/10.2139/ssrn.3640339

Siddiky, M. R., & Akter, S. (2021). The students’ career choice and job preparedness strategies: A social environmental perspective. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 421–431. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21086

Youth, C., & Program, E. (2014). Preparing Youth to Succeed: The Importance of Career Guidance. December.

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Cindy Asli Pravesti, Dimas Ardika Miftah Farid, Maghfirotul Lathifah, & Hartono Hartono. (2022). IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK PEMILIHAN KARIER PADA SISWA SMK SUNAN AMPEL MENGANTI GRESIK. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(2), 6–11. https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i2.236

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.