PENYULUHAN MENGENAI TEKNIK PENGOLAHAN TANAMAN OBAT DI DESA TIAL

Authors

  • Risman Tunny STIKes Maluku Husada

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i1.1399

Keywords:

Edukasi, Pengetahuan, Obat Herbal

Abstract

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman hayati. Pemanfaatan tumbuhan obat sebagai bagian dari sistem pengobatan mandiri di kalangan masyarakat sudah lazim terutama di daerah pedesaan dan wilayah – wilayah terpencil. Tumbuhan herbal merupakan tumbuhan yang memiliki khasiat obat dan digunakan sebagai obat dalam penyembuhan maupun pencegahan penyakit. Pengertian berkhasiat obat adalah karena mengandung zat aktif yang berfungsi mengobati penyakit tertentu atau jika tidak mengandung zat aktif tertentu tapi mengandung efek resultan/sinergi dari berbagai zat yang berfungsi mengobati. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai obat tradisional dan meningkatkan kepedulian serta mengetahui cara pemilihan obat tradisional yang tepat agar aspek keamanan, khasiat, dan mutu obat tetap terjamin sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi tahapan pemberian materi, tanya jawab serta diakhiri dengan pembagian leaflet. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengetahuan awal peserta yang rendah terlihat dari pre test yang dilakukan dan terjadi peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah dilakukan edukasi.  Kesimpulan kegiatan ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan tentang Teknik Pengolahan Tanaman Obatl pada masyarakat di Desa Negeri Tial, Kabupaten Maluku Tengah.

References

Rahayu, M., Rugayah, Praptiwi, & Hamzah. 2002. “Keanekaragaman pemanfaatan tumbuhan obat oleh suku Sasak di Taman Nasional Gunung Rinjani-Nusa Tenggara Barat”. Prosiding Simposium Nasional II Tumbuhan Obat dan Aromatik. Bogor.

Tilaar, M., Wih, W. ., & Setiadi-Rianti, A. 2011. “Pioneers in Green Science (Beberapa Model Penerapan Konsep Ramah Lingkungan di Indonesia)”. Dian Rakyat. Jakarta.

Tilaar, M., Wih, W. L., & Ranti, A. S. 2010. “The Green Science of Jamu”. Jakarta: Dian Rakyat.

Wasito, Esha, Hendri. 2008. “Obat Tradisional Kekayaan Alam. Graham Ilmu. Yogyakarta.

Widayati, A., & Candrasasi, D. S. 2015. “Profil Perilaku Pengobatan Mandiri Menggunakan Tumbuhan Obat di Kalangan Masyarakat Desa Dieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah”. Laporan Penelitian.Yogyakarta: LPPM USD.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Risman Tunny. (2023). PENYULUHAN MENGENAI TEKNIK PENGOLAHAN TANAMAN OBAT DI DESA TIAL. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(1), 50–52. https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i1.1399

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.