IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SD ALAM KEBUN TUMBUH MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nurlita Purnama Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Khairul Anwar Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Erika Nur Hasanah Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i2.247

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Pembelajaran Tatap Muka, Kampus Mengajar

Abstract

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada masa pandemi merupakan upaya mencegah terjadinya learning loss agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif sekalipun ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang merupakan hasil keputusan bersama empat menteri dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil menunjukan bahwa Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh sudah berjalan dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yaitu, komunikasi yang berjalan dengan lancar, sikap dan komitmen seluruh warga sekolah, koordinasi sekolah dengan Babinsa, Puskesmas Bojongsari dan Satuan Tugas Corona Virus Disease 2019 Kecamatan Bojongsari, sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang pencegahan penularan COVID-19, serta adanya dukungan positif dari seluruh warga sekolah yang mempengaruhi keberhasilan implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh. Namun terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaannya yaitu masih ditemukan para siswa dan tenaga pendidik yang belum melakukan vaksinasi dan kendala dalam menerapkan protokol kesehatan bagi para siswa.

References

Athaillah, R. A., dkk. (2021). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Pesantren Taruna Al Qur’an Putri Yogyakarta Masa Darurat Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). 2027-2036.

Bahrodin, A., & Widiyati, E. (2021). Tingkat Stres Akademik Siswa Kelas VI Pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.

Bogdan, R., & Taylor, SJ. (1993). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Edward III, G., C. (1980). Implementing Public Policy. Washington. D.C: Conressional Quaterly Inc.

Hasbullah, H. M. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hill, M. & Hupe, P. (2009). Implementing Public Policy. Second Edition, SAGE Publications Inc.,Thousand Oaks.

Islamy, I. (2000). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Kemdikbud. (2021). Panduan program kampus mengajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mahmudah, M., Kapi, M. B., & Muslimah, M. (2021). Parental Participation-Based Portfolio Assessment during Covid-19 Pandemic. Bulletin of Science Education. 1 (1): 1-6.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. (2021). Surat Keputusan Bersama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Mulyadi, D. (2019). Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi. 16(1). 66-80.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Pengelola Web Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri Tentang Panduan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Diakses dari Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2020/08/Penyesuaian-Keputusan-BersamaEmpat-MenteriTentang-PanduanPembelajaran-Di-Masa-Pandemi-Covid19 Pada hari Jumat, 24 Desember 2021.

Putra, F. 2001. Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Rakista, P. M. (2020). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Banyumas). Jurnal Administrasi Negara. 8(2). 224-232.

Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Jurnal Ilmu Administrasi. 8(1). 38-52.

Sabiq, A. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya. 4(1). 01–07.

Surat Edaran Wali Kota Depok. (2021). Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Undang-Undang 1945 Pasal 31 ayat (1) berisikan hak tentang mendapat pendidikan.

Widiyono, A., dkk. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metode Diktatik Jurnal Pendidikan KeSD-an. 16(2). 102-107.

Winata, K. A. dkk. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Diakses dari http://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation Pada hari Rabu, 22 Desember 2021. 4(1). 1-6.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Nurlita Purnama, Muhammad Khairul Anwar, & Erika Nur Hasanah. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SD ALAM KEBUN TUMBUH MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(2), 12–21. https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i2.247