ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA STMIK BINA PATRIA MAGELANG

Authors

  • Kanafi Kanafi STMIK Bina Patria

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i1.481

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Webqual, Sistem Informasi, Kualitas layanan

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta  mengakibatkan setiap perguruan tinggi harus dapat mengelola institusinya secara professional dan berkualitas. Setiap Perguruan Tinggi  melakukan berbagai upaya yang bertujuan menghadapi persaingan, guna mendapatkan pengakuan kualitas dari masyarakat dan pemerintah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kemenristekdikti telah memberikan tuntunan agar  sebuah institusi pendidikan dapat memiliki mutu yang baik, diminati banyak calon mahasiswa, sampai dengan daya saing yang tinggi tertuang dalam standarisasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna sistem informasi diSTMIK Bina Patria Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sebelum kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas instrumen menggunakanmetode Bivariate Pearson danUji Reliabilitas dengan menggunakan metode Crobach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian dengan metode Webqual untuk mengukur kualitas dari sebuah sistem informasi atau website berdasarkan instrument-instrumen penelitian yang dapat dikategorikan kedalam tiga variable yaitu : usability, information quality, dan services interaction. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi penyelesaian masalahuntuk peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna system informasi

References

Fandy, Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Jayani, Yunita D. 2013. Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Dengan Metode ServQual dan Kano. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suka.

Kalakota, R, & Robinson, M., 2001. E-Business 2.0: Roodmap for success, Addison Wesley, USA

Lukas Ade. 2001. Customer Relationship Management, CRM Slide Presentation. Jakarta : Ciptamaya.

Siahaan, Hotlan. 2008. Customer Relationship Management (CRM) sebagai Sarana Meraih Image Positif untuk Perpustakaan. Sumatera Utara: Depar-temen Studi Perpustakaan Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B, Bandung : Alfabeta.

Shanin, A. 2006, SERVQUAL and model of service quality gaps: a framework for determining and prioritizing critical factors in delivering quality services. Isfahan: University of Isfahan.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Hadi, Sutrisno. 1991.Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai . Yogyakarta: FP UGM.

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Kanafi, K. (2022). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA STMIK BINA PATRIA MAGELANG . Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(1), 56–62. https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i1.481

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.