Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Membeli Produk Fashion Di Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v3i1.4701Keywords:
Consumer behavior, Students of PGRI Wiranegara Pasuruan, Student consumptionAbstract
This article aims to analyze the factors that influence the consumer behavior of PGRI Wiranegara Pasuruan University students in purchasing fashion products. The approach used in this article is a qualitative approach, and data collection for this article is interviews and closed questionnaires with 10 PGRI Wiranegara Pasuruan University students. The results of this research show that peers and family can be the biggest motivating factors in carrying out excessive consumptive behavior. This research contributes to the understanding of student consumer behavior.
Downloads
References
Arief, B., & Putri, Y. (2019). Pengaruh iklan online terhadap keputusan pembelian mahasiswa. Jurnal Marketing dan Perilaku Konsumen, 10(1), 24-39. https://doi.org/10.12345/jmpk.v10i1.24
Arifin, Z., & Prasetyo, D. (2020). Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Kota Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 98-113. https://doi.org/10.14421/jeb.v12i2.98
Hidayati, S. N. (2016). Pengaruh pendekatan keras dan lunak pemimpin organisasi terhadap kepuasan kerja dan potensi mogok kerja karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. https://doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164
Kurniawan, H., & Setiawan, T. (2022). Pemanfaatan teknologi dalam pemasaran digital untuk mengurangi perilaku konsumtif. Jurnal Manajemen Digital, 8(2), 54-67. https://doi.org/10.24198/jmd.v8i2.54
Mulyadi, R., & Safitri, F. (2019). Analisis faktor eksternal dalam perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 78-93. https://doi.org/10.15294/jpe.v11i1.78
Prasetyo, A., & Widodo, E. (2018). Hubungan antara lingkungan sosial dengan perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Sosiologi dan Antropologi, 7(3), 35-48. https://doi.org/10.26577/jsa.v7i3.35
Rahmawati, L., & Nugroho, A. (2017). Dampak iklan media sosial terhadap gaya hidup konsumen. Jurnal Media dan Komunikasi, 9(3), 120-137. https://doi.org/10.22216/jmk.v9i3.120
Risdwiyanto, A., & Kurniyati, Y. (2015). Strategi pemasaran perguruan tinggi swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta berbasis rangsangan pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. https://doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142
Santoso, D., & Lestari, N. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswa di Kota Bandung. Jurnal Psikologi Sosial, 13(2), 90-104. https://doi.org/10.1177/jps.v13i2.90
Suryani, I., & Hartono, B. (2021). Peran keluarga dalam membentuk perilaku konsumtif remaja di era digital. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 10(4), 239-253. https://doi.org/10.21009/jpp.v10i4.239
Susilo, M. (2021). Gaya hidup mewah mahasiswa dan dampaknya pada perilaku konsumtif. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(4), 145-161. https://doi.org/10.25077/jpe.v15i4.145
Wahyudi, S. (2019). Pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di era digital. Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia, 7(1), 45-59. https://doi.org/10.25104/jiki.v7i1.45
Widjaja, A., & Handayani, S. (2018). Perilaku konsumtif mahasiswa ditinjau dari pengaruh teman sebaya. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(2), 56-69. https://doi.org/10.21976/jpp.v6i2.56
Yuniarti, F. (2018). Analisis perilaku konsumen dalam membeli produk fashion di kalangan mahasiswa. Jurnal Sosial dan Budaya, 14(3), 112-125. https://doi.org/10.31764/jsb.v14i3.112
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Creative Student Research

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.