Implementasi Permainan Hijau-Hitam untuk Meningkatkan Minat Belajar Lari 100 Meter Siswa Kelas VII SMPN 11 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4264Keywords:
Green Black Games, Interest in Learning, 100 Meter RunAbstract
This study focuses on the low learning interest among seventh grade students at SMP Negeri 11 Surabaya. This study aims to collect information and investigate how the black-green game learning model improves students' learning interest. The design, implementation, observation, and reflection stages of the action research project were followed in this study. Thirty students from seventh grade of SMP Negeri 11 Surabaya participated in this study, which included pre-cycle, cycle 1, and cycle 2. Observation sheets, interviews, and documentation were used to collect data, which were then examined subjectively and using percentages. The results of this study indicate an increase in student learning outcomes based on data collected after cycles I and II, when game-based learning techniques were used.
Downloads
References
Arsyendi, E. A. B., & Tuasikal, A. R. S. (2023). Peningkatan pembelajaran gerak dasar lari menggunakan metode bermain kelas III B Sekolah Dasar Sawunggaling VIII389 Surabaya. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 163-176.
Gunardi, G. (2023). Meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui permainan hitam hijau siswa SMP. Global Journal Sports, 1(1), 77-83.
Hafid, A. S. (2023). Peningkatan hasil belajar PJOK materi lari jarak pendek dengan menggunakan pendekatan bermain. Global Journal Sport Science, 1(2), 390-394.
Isoga, M. (2015). Peningkatkan kemampuan gerak dasar lari dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui permainan kecil di kelas IV SDN Karet 04 Pagi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Juhara, A. (2016). Meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui permainan hitam hijau pada siswa. JUARA: Jurnal Olahraga, 1(2), 84-93.
Nurliani, N. (2024). Peningkatan hasil belajar PJOK materi lari jarak pendek dengan menggunakan pendekatan bermain. Global Journal Sport Science, 2(1), 293-297.
Sastradimulya, F., Nurhayati, E., & Susanti, Y. (2015). Hubungan tingkat pengetahuan pasien tentang Jaminan Kesehatan Nasional dengan status kepesertaan BPJS. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Kesehatan). https://doi.org/10.1016/j.ijantimicag.2012.08.016
Susiyamni, A. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek 60 meter melalui permainan hitam-hijau pada siswa kelas V SD Negeri 17 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Edutainment, 6(2), 21-43.
Sutisna, D. (2019). Peningkatan hasil belajar lari sprint melalui permainan hitam hijau pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Subang Kabupaten Subang tahun pelajaran 2019/2020. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) (Vol. 1, No. 1, pp. 233-245).
Thahir, S., Rusmiati, P., & Alsaudi, A. T. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan permainan ganjil genap. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 214-220).
Wahyuni, W. (2020). Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan teknik dasar lari sprint SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Widiyanto, M. S., & Nurrochmah, S. (2021). Kemampuan gerak dasar kids atletik pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Sport Science and Health, 3(6), 381-391.
Yeni, Y. (2022). Peningkatan hasil belajar lari sprint melalui permainan hijau hitam pada siswa kelas V UPTD SDN 01 Batu Balang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 243-248.
Yeti, E. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui permainan hitam hijau pada siswa kelas V SDN 06 Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 323-333.
Asha, S. (2023, December). Upaya meningkatkan pembelajaran lari jarak pendek dengan menggunakan metode permainan hijau hitam pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Klampok. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR) (Vol. 8, No. 01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Creative Student Research

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.