EFEKTIFITAS MASSAGE AROMATERAPI DALAM MENURUNKAN NYERI DYSMENORRHEA PADA REMAJA

Authors

  • Winarni Winarni Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Angelia Soraya Dewi Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Rini Widarti Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Yuyun Triyani Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/termometer.v1i1.1238

Keywords:

Remaja, Dysmenorrhea, Massage Aromaterapi

Abstract

Latar Belakang;  semua perempuan yang telah pubertas akan mengalami Menstruasi,salah satu gangguan menstruasi pada perempuan adalah Dysmenorrhea. Perempuan Indonesia 90%  mengalami Dysmenorrheap pada saat menstruasi, Keadaan tersebut  menyebabkan 14% dari perempuan tidak hadir di sekolah maupun tidak bisa menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satu penanganan Dysmenorrhea Primer non Farmakologi adalah dengan Massage Aromaterapi. Tujuan; Untuk mengetahui Efektifitas Massage Aromaterapi pada penurunan Nyeri Dysmenorrhea Primer Remaja Putri Metode; Penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan jenis one group pre test dan post test design. Sampel diambil 20 responden dengan teknik simple random sampling. Pengukuan nilai nyeri menggunakan Numeric Rating Scale. Hasil; Hasil uji pengaruh menggunakan Paired Sample Test diketahui bahwa nilai nyeri sebelum dan sesudah diberikan Massage Aromaterapi diperoleh signifikansi sebesar p=0,001 (p<0,05). Kesimpulan; Ada Pengaruh Massage Aromaterapi Terhadap Nyeri Dysmenorrhea Primer pada Remaja Putri.

 

 

References

Afiyanti., Yati., dan Anggi, P. 2016. Reproduksi Perempuan. Rajawali Pers. Jakarta.

Arovah, N.I. 2016. Fisioterapi Olahraga. EGC. Jakarta

Dahlan, M.S. 2013. Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Edisi Kelima. Cetakan Ketiga. Salemba Medika. Jakarta.

Dewi, H.E. 2012. Memahami Perkembangan Fisik Remaja. Gosyen Publishing. Yogyakarta.

Esti, M., Sri, Y., Ari, U., dan Wagiran. 2017. Persepsi Remaja Terhadap Derajat Dismenore Pada Pelajar Putri Sma/Derajat Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Jurnal Stikes Kapuas Raya 4 (1).

Gusti, A. I., Teguh. W. S., dan Fransiska. I. F. 2014. Perbandingan Efektifitas Antara Aromaterapi Bunga Mawar dengan Masase dalam Menurunkan Intensitas Nyeri pada Dismenore Primer dengan Perlakuan Standar Kompres Hangat. Jurnal Majalah Kesehatan FKUB, 1(3): 138.

Mahmud, Y. 2018. Efektifitas Pemberian Pijat Aromaterapi Rosemary Teknik Effleurage terhadap Penurunan Nyeri Haid (Dismenorrhea Primer) pada Mahasiswi PSIK. Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Malang.

Nurgiwiati, E. 2015. Terapi Alternatif dan Komplementer dalam Bidang Keperawatan. In Media. Bogor.

Nurul., Coryna, R. A., dan Dewi, A. 2018. Pengaruh Pemberian Masase Effleurage Menggunakan Minyak Aromaterapi Mawar terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Dismenore pada Remaja Putri di SMK Negeri 2 Malang Jurusan Keperawatan. Jurnal of Issues in Midwifery, 2(2): 36.

Nurwana., Sabilu, Y., dan Fachlevy, A. F. 2017. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dysmenorrha pada Mahasiswa Semester VIII Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Jurnal Kesmas Indonesia, 8(1):40-48.

Pundati, T., dan Hariyadi, B. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dismenore pada Mahasiswa Semester VII Universitas Jendral Soedirman. Skripsi. Universitas Jendral Soedirman. Purwokerto.

Puspitasari, R., Ari, U., Lintang, D.S., dan Praba, G. 2016. Gambaran Usia Menarche Dini Di Pada Anak Sekolah Dasar Di Daerah Urban. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(4):444.

Saifullah, A. 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat dengan Tindakan Perawat Dalam Managemen Nyeri Post Operasi di Bangsal Bedah RSUD DR Soehadi Prijonegoro Sragen. Skripsi. Universitas Esa Unggul. Jakarta

Sari, D.P., Hendra., dan Ariyani, P.D. 2015. Pengaruh Aroma Terapi Jasmine Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Remaja Putri Yang Mengalami Dismenoredi Sman 2 Pontianak. Skripsi. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Shanti, P. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi usia menarche pada remaja putri kelas X di SMA Negeri 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Fakultas Ilmu Keperawatan STiKes Ubudiyah Banda Aceh. Jurnal Analisis Indikator Gaya Hidup Yang Berhubungan Dengan Usia Menarche Remaja Putri, 1(2):10.

Sinaga, E., dan Lorita, S. 2017. Manajemen Kesehatan Menstruasi. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Global One. Jakarta.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Winarni Winarni, Angelia Soraya Dewi, Rini Widarti, & Yuyun Triyani. (2023). EFEKTIFITAS MASSAGE AROMATERAPI DALAM MENURUNKAN NYERI DYSMENORRHEA PADA REMAJA . Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(1), 208–220. https://doi.org/10.55606/termometer.v1i1.1238