Hubungan Manajemen Waktu Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 104256 Rugemuk

Authors

  • Siti Fatimah Universitas Negeri Medan
  • Doddy Feliks P. Ambarita Universitas Negeri Medan
  • Irsan Irsan Universitas Negeri Medan
  • Wildansyah Lubis Universitas Negeri Medan
  • Septian Prawijaya Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5060

Keywords:

Learning Results, Relationships, Time Management

Abstract

This study was conducted with the aim of determining the relationship between time management and the learning outcomes of grade V students of SDN 104256 Rugemuk in the Social Studies subject "Chapter 3: Magnets, Electricity and Technology for Life". This type of research is quantitative with the research method used is correlation. The subjects of this study were 30 people. Data collection techniques in this study consisted of questionnaires and documentation. The data analysis technique used was Product Moment correlation. The results of the study showed a relationship between learning time management and student learning outcomes because the results of the analysis showed that rcount > rtable, namely 0.627 > 0.361, which means that there is a relationship between time management and learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. M. (2014). Manajemen dan evaluasi kinerja karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Amirullah. (2015). Metode penelitian manajemen. Malang: Bayumedia Publishing.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmariani, A. (2018). Hubungan manajemen waktu terhadap hasil belajar. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 67–88.

Astuti, I. I. (2017). Manajemen waktu mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam belajar dan berbisnis [Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang].

Atos, A. (2014). TIME MANAGEMENT: Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Humaniora, 5(45), 777–785.

Binasar, S. S., & Nurjannah, I. (2021). Perbandingan kemampuan manajemen waktu antara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan, 43, 145–152.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif: Alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi belajar-mengajar di kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Harlina, A. P., Suharso, S., & Hartati, M. T. S. (2014). Mengembangkan kemampuan manajemen waktu melalui layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 1–8.

Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayanto, D. N. (2019). Manajemen waktu: Filosofi, teori, implementasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jihad, A., & dkk. (2013). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kemendikbud. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khodijah, N. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan pembelajaran: Konsep dasar, metode dan aplikasi nilai-nilai spiritualitas dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Letisha, Z. (2016). Trik juara mengatur waktu. Jakarta: Gagas Media.

Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Makki, M. I., & Aflahah. (2019). Konsep dasar belajar dan pembelajaran. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Motoh, T. C., & Saharudin, S. (2020). Manajemen waktu pondok pesantren terhadap hasil belajar siswa studi kasus MTs DDI Siapo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 40–46.

Muliyani, S. E. (2017). Prestasi belajar dan manajemen waktu kuliah mahasiswa. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram, 4(2), 109–114.

Mulyasa. (2015). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa. PSIKOPEDAGOGIA: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 24–32.

Nurjannah, S., Yuniarti, S., & Sari, T. H. N. I. (2020). Pengaruh manajemen waktu belajar dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Balikpapan. Nabla Dewantara, 5(1), 37–46.

Nurrachman, A. (2019). Hubungan manajemen waktu belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD IT Harapan Bangsa Natar [Skripsi, Universitas Lampung].

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pertiwi, F. (2014). Hubungan antara manajemen waktu dalam belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi di SMK Negeri 8 Jakarta [Skripsi, Universitas Negeri Jakarta].

Prameswari, A. A. P., Mujiyati, M., & Syahniati, T. (2020). Perbandingan manajemen waktu mahasiswa sebelum dan selama pandemi Covid-19 di Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang. Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 2(2), 10–13.

Purwanti, D. (2008). Penggunaan analisis SWOT dalam kompetensi bisnis jasa ekspedisi. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(3).

Rangkuti, K. F. (2023). Hubungan antara manajemen waktu dengan motivasi belajar pada siswa/i SMA Swasta Sinar Husni Labuhan Deli [Skripsi, Universitas Medan Area].

Rasyidi, A. T., Asdar, A., & Sappaile, B. I. (2020). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler, manajemen waktu, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 147–158.

Risfandi., Busnawir., & Sahidin, L. (2014). Pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPS Kartika XX-6 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 126–136.

Rusman. (2013). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer: Mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Bandung: Alfabeta.

Saputra, A. A., Baharuddin, B., Rasyid, M. R., & Akidah, I. (2022). Pengaruh manajemen waktu dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 123–134.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Shafira, P. C., Abd, D., & Nurdin, S. (2017). Upaya manajemen waktu dalam mengatasi stres akademik (Suatu penelitian pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Syiah Kuala). JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(2), 27–31.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran: Teori & aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen waktu pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (Ed. revisi). Jakarta: Kencana.

Sutrisno. (2021). Meningkatkan minat dan hasil belajar TIK materi topologi jaringan dengan media pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Syartissaputri, N. P., Setiyowati, E., & Siwabessy, L. (2014). Hubungan antara manajemen waktu dengan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 56 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 88–94.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan pembelajaran: Pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, praktek, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Siti Fatimah, Doddy Feliks P. Ambarita, Irsan Irsan, Wildansyah Lubis, & Septian Prawijaya. (2025). Hubungan Manajemen Waktu Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 104256 Rugemuk. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–281. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5060

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.