Sikap Guru Dalam Menghadapi Siswa Yang Berkebutuhan Khusus Di Kelas 2 SDN Jelegong 01 Rancaekek

Authors

  • Yuga Fibra Nurhakim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yayang Furi Furnamasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1814

Keywords:

Attitude, teachers, students with special needs

Abstract

This study aims to find out how the teacher's attitude is in dealing with students with special needs in class 2 at SDN Jelegong 01 Rancaekek. This research was conducted at SDN Jelegong 01 Rancaekek. The method used in this research is descriptive qualitative research. For data collection techniques in this study using classroom observations, interviews with grade 2 teachers, reviewing from literature studies by searching from book, articles, journals, theses, etc. related to the research being conducted. Based on the results of this study it can be concluded that in dealing with grade 2 students with special needs at SDN Jelegong 01 Rancaekek the teacher's attitude is painstaking in providing special treatment according to what the student needs but the teacher also tries so that these students and their families do not feel discriminated against and do not make Other students feel that there is something special in the class.

References

Afiyah, Ardhia Rizeki (2018). Penanganan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Terutama pada Tunadksa di MI Nurul Huda Sedati. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Amka. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Reguler. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 1-12.

Depdiknas. (2007). Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif tentang Pengadaan dan Pembinaan Tenaga Pendidik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.

Elisa Syafrida, Wrastari Aryani Tri. (2023). Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusi DIitinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, 2(01), 52-61.

Fitriatun Erna, Nopita. (2017). Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusi. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, 131-138.

Hanifah Diva Salma dkk. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473-483.

Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi, A. R. (2020). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Ortopedagogia, 5 (2), 90-95.

Ilahi, Mohammad Takdir. (2013). Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Jaenam, J., & Kharles, K. (2021). Pendidikan Inklusi Di Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 514-519.

Juliani Dewi. (2016). Perbedaan Sikap Guru terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Ditinjau dari Mengikuti Pelatihan dan Tidak Mengikuti Pelatihan Guru Inklusi. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhamadyah Malang.

Pitaloka Asyharinur Ayuning Putriana dkk. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 26-42.

Putri Yunita. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 146-160.

Radiusman dkk. (2020). Sikap Guru terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SD IT Anak Sholeh Mataram. Progres Pendidikan, 1(2), 80-87.

Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan Dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan ABK DiSekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 34-46.

Sidiq, Z. R. 2017. Pembelajaran Kebutuhan Pendidikan Khusus. Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.

Somantri, T. Sutjihati. (2014). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sopa Afnizar. (2017). Model Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Inklusif di SDN 54 Kota Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Widiati, Sri, dkk. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Luxima Metri Media.

Zaitun. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Pekanbaru: Kreasi Edukasi Publishing and Consulting Company.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Yuga Fibra Nurhakim, & Yayang Furi Furnamasari. (2023). Sikap Guru Dalam Menghadapi Siswa Yang Berkebutuhan Khusus Di Kelas 2 SDN Jelegong 01 Rancaekek. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 155–176. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1814

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.