PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMAC EDUCATION BERBANTUAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI KPK DAN FPB SD NEGERI 4 PURBOWANGI

Authors

  • Veny Maolaa Firdaus Universitas Ngudi Waluyo
  • Lisa Virdinarti Putra Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.301

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, model Realistic Mathematic Education, permainan congklak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistic mathematic education dengan berbantuan media pembelajaran permainan congklak terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi KPK dan FPB SD Negeri 4 Purbowangi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design, karena sampel yang digunakan dipilih secara tidak random. Populasinya adalah seluruh siswa SD Negeri 3 dan 4 Purbowangi. Sampelnya siswa kelas IV SD Negeri 3 Purbowangi sebsgsi kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Purbowangi sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji regresi linear sederhana . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran realistic mathematic education dengan berbantuan permainan congklak memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000a < 0,05 dengan menggunakan uji regresi linear sederhana.

References

Asdar, Arwadi, F dan Rismayanti. 2021. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1.

Susanti, Sri dan Nurfitriyanti, Maya. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). Vol. 3, No. 2.

Purba, Dianti, dkk. 2021. Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 4, No. 1.

Chisara, Candra, dkk. 2018. Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.

Ningsih, Seri. 2014. Pendidikan matematika realistik : Sebuah tinjauan teoritik. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 2.

Trisnani, Novi dan Sari, Elok Fariha. 2021. Keefektifan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Dakon Terhadap Hasil Belajar Perkalian. Joyful Learning Journal. Vol. 9, No. 1.

Tibahary, Abdul Rahman dan Muliana. 2018. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Journal of Pendagogy. Vol. 1, No. 1.

Siregar, Nur Syarifah. 2014. Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 119–128.

Nurhuda, Febri Irfan dan Fitriyaningsih, Febri. 2018. Efektivitas Pendekatan MEAs berbantuan Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa. Universitas PGRI Yogyakarta, Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Ela, dkk. 2022. Pemanfaatan Permainan Dakon Bervisi Sets Dalam Menanamkan Karakter Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Joong-ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.1, No.2.

Suryani, Ela dan Fauziah, Syifa. 2019. Pengembangan Permainan Dart Aksara Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Calistung. Jurnal Guru Kita. Vo. 4, No. 1.

Mulyati, Asrina. 2017. Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktika Matematika. Vol. 4, No. 1.

Nataliya, Prima. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol.03, No. 02.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Veny Maolaa Firdaus, & Lisa Virdinarti Putra. (2022). PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMAC EDUCATION BERBANTUAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI KPK DAN FPB SD NEGERI 4 PURBOWANGI. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.301

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.