KESIAPAN PT PINDAD DALAM MEMPRODUKSI ALUTSISTA GUNA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN INDUSTRI PERTAHANAN

Authors

  • Indah Octavia Amarilia Universitas Pertahanan
  • Servasius Anu Universitas Pertahanan
  • Raisara Ainie Universitas Pertahanan
  • Rhandu Inzany Universitas Pertahanan
  • A Muh Alif Ranggong Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1140

Keywords:

Industri Pertahanan, Minimum Essential Force, PT Pindad

Abstract

Indonesia sedang berupaya membangun kapabilitas pertahanan dengan menetapkan Minimum Essential Force (MEF) untuk membangun kemandirian industri pertahanan. Dengan demikian industri pertahanan domestik masih melakukan kerjasama dengan industri sejenis di luar negeri yang memiliki kemajuan industri lebih mumpuni dari Indonesia. Salah satunya ialah PT. Pindad Persero yang masih melakukan impor bahan baku material untuk setiap produk yang mereka keluarkan. Tantangan dan Strategi PT. Pindad dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan,  masih memiliki banyak ketertinggalan dalam teknologi, inovasi, diplomasi dan langkah kebijakan yang diambil dalam mewujudkan kemandirian Industri Pertahanan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena adanya data-data yang diperoleh adalah data kualitatif, yakni menggambarkan adanya kondisi riil di lapangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi PT Pindad dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan. Hasil Penelitian menunjukan perwujudan kemandirian industri pertahanan PT.Pindad didorong upaya alih teknologi, ataupun pendanaan dalam bentuk offset dan juga imbal dagang untuk produk alat peralatan pertahanan dan keamanan yang didatangkan dari luar negeri.

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan. (2002). Naskah Kajian tentang Pembuatan Prototipe Kelongsong Munisi Kaliber Kecil (MKK) melalui Pendayagunaan Industri Dalam Negeri. Perpustakaan Balitbang Kemhan. Presentasi dalam Perkuliahan Program Studi Industri Pertahanan, Universitas Pertahanan, Jakarta, 7 Juli.

BumnInfo. (2019). PT. Pindad: Sejarah Pabrik Senjata Indonesia. Diakses pada 12 Februari 2022, https://www.bumn.info/info-utama/pt-pindad-sejarah-pabrik-senjata-indonesia

Damayanti, M. L. (2020). Teori produksi. Jurnal UMSIDA, Vol.1(15).

Department of Defense of United States of America. (2016). Manufacturing Readiness Level (MRL) Deskbook Version 2016. Department of Defense of United States of America. Washington: U.S. Government Printing Office.

Fitri, A., & Debora, S. (2018). Pemberdayaan Industri Pertahanan Nasional dalam Pemenuhan Minimum Essential Forces (MEF). Kajian Singkat Terhadap Aktual dan Strategis, 11(22), 25-30.

Frederick, William H. dan Worden, Robert L. (2011). Indonesia: a Country Study (6th

Herryanto, Eris. (2017). Komite Kebijakan Industri Pertahanan (Overview). Makalah

Indrawan, R. M. J., & Widiyanto, B. (2018). Kebijakan Ofset dalam Membangun Kemandirian Pertahanan Negara. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 6(2), 29-50.

Indriyanto, Eko Pur. (2017). Peran PT. Pindad (Persero) dalam Mendukung Alutsista TNI AD. Jurnal Prodi Strategi Pertahanan Darat. Volume 3 (2), 67-76

Karim, S. (2014). Membangun Kemandirian Industri Pertahanan Indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia.

Kemhan. (2019). Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Laporan Data Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia. Jakarta: Kementerian Pertahanan.

Mochtady, H. (2022). Kontribusi PT.Pindad Dalam Menghadapi Lingkungan Strategis Di Era Vuca Guna Mendukung Pertahanan Negara. Kuliah Kerja Dalam Negri. Universitas Pertahanan: Ekonomi Pertahanan.

PT Pindad (Persero). (2017). Pindad Annual Report 2016. Bandung: PT Pindad (Persero).

Rifai, M., Mulyani, M., Saputro, G. E., & Deksino, G. R. (2022). Peningkatan Ekonomi Pertahanan Negara Melalui Implementasi Kebijakan Produksi Kendaraan Tempur ANOA PT PINDAD (PERSERO). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 2907-2916.

Susdarwono, E. T. (2020). Pemrograman Linier Permasalahan Ekonomi Pertahanan: Metode Grafik Dan Metode Simpleks. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 89-104

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Indah Octavia Amarilia, Servasius Anu, Raisara Ainie, Rhandu Inzany, & A Muh Alif Ranggong. (2023). KESIAPAN PT PINDAD DALAM MEMPRODUKSI ALUTSISTA GUNA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN INDUSTRI PERTAHANAN. Journal of Creative Student Research, 1(2), 58–72. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1140

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.