Strategi Pengembangan Produk Unggulan Industri Kecil Bonggolan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik
DOI:
https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i3.1692Keywords:
Product Development, Small Industry, SWOT Analysis, Sidayu DistrictAbstract
Bonggolan Small Industry is one of the leading products of Sidayu District, Gresik Regency which still requires further product development. The purpose of this study is to determine the Leading Product Development Strategy of Small Industry Bonggolan Sidayu District, Gresik Regency to increase its competitiveness so that it is known by the wider community. This study used descriptive analysis method through the results of Observation and Interview. The data analysis used is a SWOT analysis carried out to analyze internal and external factors of entrepreneurs in industrial estates. The results of this study show that there are 4 strength factors, 4 weakness factors, 5 opportunity factors and 4 threat factors so that 8 strategies can be formulated in developing superior products of the Bonggolan Small Industry, Sidayu District, Gresik Regency so that it can compete with other products and be known by the wider community.
Downloads
References
Purnomo, Agus. (2016). Strategi Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Sentra Industri Kecil Keripik di Kota Bandar Lampung. Jurnal Sosialita,, Vol 8, No 1
Sampoernauniversity.ac.id/. Pengembangan Produk. Di akses pada 15 Mei
dari https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengembangan-produk/
Kompas.com/.Industri Kecil : Pengertian, Ciri-ciri, Manfaat, dan Contohnya. Di akses pada 15 Mei 2023 dari https://www.kompas.com/skola/read/2022/11/02/140000869/industri-kecil-pengertian-ciri-ciri-manfaat-dan-contohnya?page=all
Fitriani, Efi (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada
Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). Jurnal Untar Purnomo, Setiawan, R., Sad, F.W (2019). Analisis Strategi Dan Pengembangan Produk Unggulan Pada Industri Kecil Menengah Bahan Kaca di Malang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri (Vol. 7 No.2 ). https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v7i2.5.
Andriyanto, Irsad Istiqomah (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan
Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). Jurnal BISNIS (Vol. 5, No. 2, Desember 2017)
Rahman, S. (2016). Studi pengembangan dangke sebagai pangan lokal
unggulan dari susu di kabupatem Enrekang. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 3(2)
Winangsih, R., Wahyu, NW., Widyastuti Y (2019). Membangun kemandirian
pangan melalui manajemen komunikasi pemasaran sate bandeng sebagai produk unggulan kota Serang (Vol 5, No 1). https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2268
Maligan, JM., Aditya, MD., Asmaul, SM., (2020). Pengembangan produk kopi
premium dengan metode QFD sebagai produk unggulan kelompok tani kopi makmur abadi. Jurnal Pangan dan Agroindustri Universitas Brawijaya (Vol. 8 No. 4). https://doi.org/10.21776/ub.jpa.2020.008.04.2
Yudanto, AA., Raharjo, T., Ubed, RS., (2018) Pendampingan pengembangan
produk unggulan kawasan perdesaan pada usaha berbasis komunitas desa cibogo. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, No. 2 Desember 2018, Hal. 341-346). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.2297
Nurcahyani, L (2018). Strategi pengembangan produk kain tenun ikat sintang.
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. (Vol. 3, Nomor 1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.530
Hesty, Heryani (2016). Keutamaan Gula Aren dan Strategi Pengembangan
Produk
Mustafa, PS., Angga, PD,. (2022) Strategi pengembangan produk dalam penelitian dan pengembangan pada pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual (Vol 6 No 3). https://doi.org/10.28926/riset_konsetual.v6i3,522
Joesyiana, K,. (2017) Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga di Kota Pekanbaru. Jurnal Valuta Administrasi Bisnis, Manajemen dan Ekonomi (Vol. 3 No.1 ).
Puspitasari, AT., Widiyanto (2015) Strategi Pengembangan Industri Kecil Lanting di Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. (Vol X No. 2 Desember 2015 Hal. 117-135)
Arnold, PW., Nainggolan, P,. Damanik, D,. (2020) Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. Jurnal EKUILNOMI : Jurnal Ekonomi Pembangunan (Vol. 2 No. 1 ) https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v2i1.349)
Sholahuddin, MD., Boedirochminarni, A., Arifin, Z. (2019) Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejatehraan Rumah Tangga Industri Makanan Ringan Bonggolan. Jurnal Ilmu Ekonomi (Vol 3 No. 4) https://doi.org/10.22219/jie.v3i4.10435
Hariawan, F., Latif , N., Handayani, CMS., Purnaningrum, E. (2020) Pelatihan Aspek Marketing Mix Pada Pelaku Usaha Bonggolan di Desa Pengulu Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Jurnal EKOBIS ABDIMAS (Vol 1 No. 1) https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.1.1.2337
Ernawati, E., Hurriyati, R., Dirgantari, PD. (2021) Strategi Pengembangan Kerajinan Anyaman Purun Untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ekonomi Modernisasi. (Vol 17 No.1) https://doi.org/10.21067/jem.v17i1.5215
Narto, N., Basuki, G HM. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal Intech (Vol 6 No. 1) https://doi.org/10.30654/intech.v6i1.2195
Frianto, A., Tiarawati, M., Asandimitra, N., Artanti, Y., Widyastuti, W. (2019) Pelatihan Desain merek Sebagai Sarana Memperkuat Identitas Produk. Jurnal Pemberdayaan (Vol. 3 No.3) https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1228
Anam, AK., Setyawan, M. (2019) Strategi Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster Pada Sentra Kawasan Industri Rotan Di Kabupaten Jepara. Jurnal MANDAR (Vol. 1 No.2) https://doi.org/10.31605/mandar.v1i2.368