UNJUK KERJA ON OFF KEYING DAN PULSE POSITION MODULATION PADA JARINGAN OPTICAL WIRELESS CDMA

Authors

  • Devi Rahmayanti Universitas Gajayana Malang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v3i1.2413

Keywords:

bit error rate, on off keying, pulse position modulation

Abstract

Jaringan Optical Wireless adalah sistem komunikasi yang memanfaatkan frekuensi cahaya sebagai media transmisinya, dengan menggunakan daerah frekuensi infra merah sebagai panjang gelombang. Dalam optical wireless, informasi dikirim menggunakan media udara melalui cahaya optik, umumnya digunakan dalam jarak yang relatif pendek, dan tentu saja sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca, adanya sinar matahari, petir, lampu atau cahaya yang memiliki panjang gelombang pada daerah infra merah. Kondisi yang mengganggu ini akan sangat mempengaruhi kualitas transmisi data dan informasi, apalagi jika jarak transmisi sinyal semakin jauh. Interferensi dapat menyebabkan kesalahan pada bit-bit sinyal yang dikirimkan, sehingga penerima atau penerima akan menerjemahkan sinyal tersebut menjadi bentuk data dan informasi yang berbeda. Metode : probabilitas error rate yang dipengaruhi oleh faktor transmisi yaitu jumlah user, bobot kode biner, panjang kode, jumlah bit data, probabilitas rate dan juga faktor peningkatan kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performansi Probability of Bit Error Rate pada sistem komunikasi optik nirkabel menggunakan OOK-CDMA dan PPM-CDMA. Hasil menunjukkan bahwa Probability of Bit Error atau Bit Error Rate pada PPM-CDMA memberikan performansi yang lebih baik dibandingkan OOK-CDMA.

References

Ghassemlooy, Z and Popoola, W. Optical Wireless Communications System and Channel Modelling with MatLab. Inggris : Taylor & Francis Group, 2013.

R. Michael Buehrer. Code Division Multiple Access (CDMA). Inggris : Springer International Publishing. 2022, 30.

Don Torrieri. Principles of Spread-Spectrum Communication Systems. Inggris : Springer International Publishing. 2022, 596.

Amoakoh Gyasi-agyei. Telecommunications Engineering: Principles And Practice. Inggris : World Scientific Publishing Company, 2019, 358.

Geoff Lewis. Communications Technology Handbook. Inggris : Taylor & Francis, 2013, 212

Jurnal

Penulis. “Judul Artikel”. Nama Jurnal, vol., halaman, tanggal/tahun, DOI.

Md Jahid Hasan, et. al. “Performance Analysis of Optical-CDMA for Uplink Transmission in Medical Extra-WBANs.” IEEE Access, Volume 8, Sep 2020, Pages 171672-171685, https://doi.org/ff10.1109/ACCESS.2020.3025005.

Assistant professor,KSR INSTITURE FOR ENGINEERING AND TECHNOLOGY. “Comparative Analysis of OOK, BPSK, DPSK and PPM Modulation Techniques for Intersatellite Free-Space Optical Communication”. International Research Journal of Engineering and Technology, Volume 06, Feb 2019, Pages 1995 – 1998.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Rahmayanti, D. (2023). UNJUK KERJA ON OFF KEYING DAN PULSE POSITION MODULATION PADA JARINGAN OPTICAL WIRELESS CDMA . Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.55606/jutiti.v3i1.2413