ANALISA KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI DUMAI

Authors

  • Yusrizal Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Sirlyana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i2.1008

Keywords:

Library, Services, Books

Abstract

Perpustakaan adalah ruangan yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan oleh pembaca, bukan untuk diperjualbelikan. Pelayanan di perpustakaan yang ideal dapat lebih menarik, ramah, cepat, dan akurat. Penelitian tentang kualitas pelayanan perlu dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan dan untuk jangka panjang mempertahankan pengunjung. Penelitian ini menggunakan analisis metode Quality Function Deployment sampai dengan tahap 3 yaitu mencoba mengetahui atribut layanan yang diinginkan konsumen, tingkat kepentingan, kinerja Perpustakaan STT Dumai, parameter teknis, persyaratan proses dan kualitas. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, mayoritas tingkat kunjungan dan durasi mahasiswa berada di Perpustakaan dalam kategori rendah, jumlahnya mencapai 88%. Minat baca mahasiswa Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Teknologi Dumai juga dalam kategori kurang baik, hal tersebut dibuktikan dengan jawaban responden yang menjawab 73% atau sebanyak 67 responden menjawab kurang berminat dan tidak berminat.

 

References

H. Hamidah, “Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Di Politeknik Negeri Tanah Laut,” J. Ris. Akunt. Politala, vol. 1, no. 1, pp. 6–13, 2019, doi: 10.34128/jra.v1i1.4.

A. Latif and P. E. Nursyam, “Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan Sekolah Tinggi Teknologi Industri (Sttind) Padang Dengan Metode Quality Function Deployment (Qfd),” J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind., vol. 17, no. 2, p. 87, 2017, doi: 10.36275/stsp.v17i2.32.

E. E. Erika, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan TI ISTN),” Sainstech J. Penelit. dan Pengkaj. Sains dan Teknol., vol. 30, no. 1, pp. 38–42, 2020, doi: 10.37277/stch.v30i1.480.

S. Harmoko, “Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan,” J. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 2, no. 2, pp. 164–188, 2017.

E. Erika, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan Ti Istn),” JITMI (Jurnal Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 2, no. 2, p. 126, 2020, doi: 10.32493/jitmi.v2i2.y2019.p126-130.

E. A. Rochmah, “Analisis Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pemustaka (Studi Kasus Pada Pusat Perpustakaan Iain Tulungagung),” Pustakaloka, vol. 11, no. 1, p. 36, 2019, doi: 10.21154/pustakaloka.v11i1.1602.

S. Sarwono, I. Isbandini, and D. Rahayu, “Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Electronic Theses and Dissertations (ETD) Perpustakaan UGM dengan Menggunakan Metode LibQUAL +TM,” Libr. J. Perpust., vol. 6, no. 2, p. 299, 2018, doi: 10.21043/libraria.v6i2.4153.

N. Nurmalina, “Analisis kepuasan pemustaka perpustakaan Rafah Tower UIN Raden Fatah Palembang,” IQRA` J. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 14, no. 2, p. 130, 2020, doi: 10.30829/iqra.v14i2.7832.

V. Yusa and A. M. Aprianscy, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung,” J. Manaj. dan Bisnis Sriwij., vol. 17, no. 3, 2019, doi: 10.33062/jib.v5i1.217.

E. Kaligis, L. Mananeke, and A. H. Jan, “Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Pemerintah Kota Kotamobagu,” Emba, vol. 5, no. 2, pp. 1558–1569, 2017.

A. L. Hakim, “Analisis Kualitas Layanan dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) pada J&T Express (Studi Kasus: J&T Express, Cabang Benowo-Surabaya),” J. MATRIK, vol. XVIII, no. 1, pp. 11–20, 2017.

N. Dyana, “Analisis Qfd (Quality Function Deployment) Untuk Perbaikan Produk Thai Tea Merek Kaw-Kaw Di Ukm Waralaba Di Landungsari, Malang,” J. Valtech (Jurnal Mhs. Tek. Ind., vol. Vol. 3 No., no. 2, pp. 153–159, 2020.

N. Isawega, P. Pusporini, and D. Andesta, “Penerapan Metode Quality Function Deployment Pada Kualitas Produk Songkok,” JUSTI (Jurnal Sist. dan Tek. Ind., vol. 1, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.30587/justicb.v1i1.2026.

Downloads

Published

2021-08-16

How to Cite

Yusrizal, & Sirlyana. (2021). ANALISA KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI DUMAI. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 1(2), 9–14. https://doi.org/10.55606/jutiti.v1i2.1008

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.