PENGARUH HARGA, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI NABILA TOUR & TRANS

Authors

  • Laila Rahmawati Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.729

Keywords:

Harga, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Di era saat ini, kebutuhan masyarakat tidak hanya mencakup sandang dan pangan saja, melainkan juga kebutuhan untuk berwisata. Terjadinya persaingan antara para pengusaha jasa tour dan travel memicu perusahaan untuk semakin berorientasi kepada pelanggan dengan menetapkan harga, menyediakan fasilitas dan memberikan pelayanan terbaik guna menarik hati para pelanggannya supaya tetap memakai jasa perusahaannya. Salah satu jasa tour dan travel di Kediri adalah Nabila Tour & Trans. Dalam hal ini, peneliti mengkaji lebih dalam yakni, apakah ada pengaruh harga, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Nabila Tour & Trans. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dengan sampel penelitian yakni pelanggan dari Nabila Tour & Trans dan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan hasil uji t yakni nilai Sig 0.000 < 0,050 harga (X1), fasilitas (X2), dan kualitas pelayanan (X3) terhadap variabel terikat kepuasan pelanggan (Y) pada Nabila Tour & Trans, uji f yakni nilai F hitung 119.304 > F tabel 3,09 dan koefisien determinasi yakni nilai R Square sebesar 0,789 sehingga H0 seluruh variabel ditolak dan Ha diterima yang berarti harga, fasilitas, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Nabila Tour & Trans.

References

Dedy, A. and Alfandi, Y. (2022) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sari Ater Hot Springs Resort Ciater’, 4(1).

Indrasari, M. (2019) Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Halim, F. et al. (2021) Manajemen Pemasaran Jasa.

Koleangan, R.A.M. and Roring, F. (2018) ‘The Effect of Service Quality, Price and Facilities on Customer Satisfaction in Bendito Kawasan Megamas Manado’, Pengaruh Kualitas…… 3723 Jurnal EMBA, 6(4), pp. 3723–3732.

Nurjamad, M.A. and Larasati, D. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Pada Kepuasan Pelanggan Fitur Go-Ride Pt. Gojek Indonesia’, Jurnal Bisnis & Teknologi, 3(1), pp. 1–11. Available at: http://45.118.112.109/ojspasim/index.php/jbt/article/view/232

Pratiwi, M. (2018) Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan harga, terhadap kepuasan konsumen di penginapan lebar daun palembang. UIN Raden Patah Palembang.

Putranto, T.A.W.A. (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus pada Konsumen PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional VI Yogyakarta, Ilmu dan Riset Manajemen. Available at: https://repository.usd.ac.id/4678/1/112214074.pdf.

Rezki & all (2019) ‘Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Penumpang Jasa Transportasi Ojek Online’, 4(1), pp. 50–57.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Manajemen.pdf. Edited by Setiyawami. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyowati, W. (2018) Kualitas Layanan: Teori dan Aplikasinya. Edited by S. Budii Sartika. Sidoarjo, Jawa Timur: UMSIDA Press.

Wibowo, T.J.K. and Khuzaini (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(5), pp. 1–18.

Yulia, farida, Lamsah and Periyadi (2019) MANAJEMEN PEMASARAN.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Laila Rahmawati. (2022). PENGARUH HARGA, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI NABILA TOUR & TRANS. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 210–217. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.729