Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat pada Produk Simpanan Idul Fitri di BMT Mitra Khazanah Palembang

Authors

  • Indah Maharani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hilda Hilda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Abdullah Sahroni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i3.4282

Keywords:

Marketing Strategy, Public Interest, Quantitative Analysis, Classical Assumption Test, Simple Linear Regression

Abstract

This study was conducted using a data collection method in the form of a questionnaire distributed to 86 customers and prospective customers of BMT Mitra Khazanah Palembang. Then, a quantitative analysis was carried out on the data obtained. The quantitative analysis includes testing data instruments, descriptive statistics, classical assumption tests (normality tests, multicollinearity tests, heteroscedasticity tests, and autocorrelation tests), simple linear regression analysis, and hypothesis testing (determination coefficient (Adjusted R Square) and T test). The results of this study indicate that marketing strategies partially have a significant positive effect on public interest, with a t-count value of 5.719> t-table 1.663 and a significance of 0.000 <α = 0.05. The Adjusted R Square value is 0.272, which means that 27.2% of public interest can be explained by the independent variables in the study.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Maimun. 2016. Dasar-Dasar Metode Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Alexander, Charles. 2014. The Portable MBA Pemasaran. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Almai, Buchari dan Donni. 2014. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Apriani, Rina. 2018. Pengaruh Strategi Pemasaran Kredit Usaha Mikro terhadap Minat Nasabah untuk Mengajukan Kredit pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP MMU Palembang Bukit. Jurnal Eprints Polsri. Vol. 4, No. 4.

Apriliani, Nunung Dini. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan iB Baitullah Hasanah pada Bank BNI Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah. Vol. 1, No. 2.

Astika, Aldes. 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Syariah terhadap Minat Konsumen untuk Membeli Produk pada Zoya Palembang. Skripsi. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.

Bulan, Tengku Putri Lindung. 2019. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Ruang Terbuka Hijau Taman Hutan Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan (JMK). Vol. 8, No. 3.

Buton, Paulina. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal JOM FISIP. Vol. 6, No. 8.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Firdaus, Alfdillah. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus pada Perumahan Surya Mandiri Teropong PT. Eva Artha Utama). Jurnal FISIP. Vol. 4, No. 1.

Fitriani, Laila. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabunganku. Jurnal Article Islamiconomic. Vol. 5, No. 1.

Ghozali, Imam. 2012. Model Persaingan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Ver. 5.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasil wawancara peneliti dengan Manajer BMT Mitra Khazanah Palembang, tanggal 20 Agustus 2021.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Husain, Novita R. 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Minat Beli Konsumen pada CV Anugerah Utama Cabang Gorontalo. Jurnal Repository Universitas Negeri Gorontalo. Vol. 6, No. 9.

Husain, Umar. 2018. Manajemen Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Irsaid, Z. 2010. Analisis Marketing Mix (Product, Price, Promotion, dan Place) yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pengguna Operator ESIA. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jalilvand, R. 2015. The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention. Marketing Intelligence and Planning. Vol. 30, No. 4, Januari.

Jama'iyah. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah dalam Menarik Minat Masyarakat pada PT Bank Sumut Syariah KCP Syariah Marelan Raya. Jurnal FEB. Vol. 1, No. 1.

Karjuni, Agus. 2021. Strategi Pemasaran Syariah dalam Upaya Menarik Minat Nasabah pada Bank Wakaf Mikro Buntet Pesantren Cirebon Tahun 2020. Ecobankers: Journal of Economy Banking. Vol. 2, No. 1.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Bandung: Erlangga.

Maip, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mavlanova, T., Benbunan-Fich, R., dan Koufaris, M. 2012. Signaling Theory and Information Asymmetry in Online Commerce. Information and Management.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasir, Muhammad. 2018. Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Panji, Anoraga. 2017. Manajemen Bisnis. Semarang: PT Rineka Cipta.

Reuber, A.R., dan Fischer, E. 2017. Signaling Reputation in International Online Markets. Strategic Entrepreneurship Journal. Vol. 3.

Salfina dan Gusri. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Minat Beli Pakaian Anak-Anak (Studi Kasus Toko Rizky dan Alfdael Pariaman). Jurnal Indovisi. ISSN 2615-4234 (Cetak) // ISSN 2615-3254 (Online). Vol. 1, No. 1.

Salim, Leonardus. 2015. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat. Edisi 2.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi. 2018. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyari, Ika Novirina. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Universitas Diponegoro.

Tunggal, Amin Widjaja. 2016. Audit Pemasaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Umar. 2014. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Usmara, Usi. 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books.

Yasin, Hanifah. Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obaja PT. Naila Aidi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 14, No. 2.

Published

2024-09-09

How to Cite

Indah Maharani, Hilda Hilda, & Abdullah Sahroni. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat pada Produk Simpanan Idul Fitri di BMT Mitra Khazanah Palembang. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(3), 154–159. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i3.4282