PENGARUH KARAKTERISTIK DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Rahmania Mustahidda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin
  • Anang Tri Wahyono STIE Totalwin

DOI:

https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i1.591

Keywords:

Kinerja Keuangan, Diversitas Gender Dewan Direksi, Ukuran Dewan Direksi, Latar Belakang Pendidikan Dewan Direksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh karakteristik dewan direksi yang terdiri dari diversitas gender, ukuran dewan direksi dan latar belakang pendidikan direksi terhadap kinerja perusahaan yang diproksikan ROA. Objek penelitian ini adalah perusahaan  sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020 – 2021 dan dipilih secara purposive sampling sehingga melibatkan sebanyak 34 perusahaan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan variabel diversitas gender dan latar belakang pendidikan direksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan dan variabel ukuran dewan direksi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.

References

Budiman, J, and Setiyono. "Pengaruh Karakter Eksekutif Terhadap Penghindaran Pajak." ejournal Poltek Tegal, 2012.

Darmadi, S. "Board member's education and firm performance : evidence from developing economy." International Journal of Commerce and Management, 2013.

Daromes, F E, and R Jao. "Pengaruh Dewan Direksi Terhadap Kinerja Keuangan." Jurnal Akuntansi, 2020.

Dewi, Aminar Sutra, Desfriana Sari, and Henryanto Abaharis. "Pengaruh Karakteristik Dewan Komisaris Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia." Jurnal Benefita, 2018.

Eliya, Sartika, and Yandi Suprapto. "Pengaruh Keberagaman Gender terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi Publik di Indonesia." SEIKO, 2022.

Fatonah, Andina Nur. "Pengaruh Gender Diversity dan Age Diversity Terhadap Kinerja Keuangan." Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 2018.

Intia, Laras Clara. "Pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komisaris Independen, Dan Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Di Indonesia." Jrka Vol.7 Issue 2, 2021.

Kusuma, Septian Yudha. "Pengaruh Diversitas Gender terhadap Kinerja Keuangan pada Perbankan yang terdaftar di BEI periode 2014 - 2017." Equilibrium : Jurbal Ekonomi Syariah, 2018.

Maulidiyawati, Asri. "Pengaruh Pembiayaan Bermasalah, Penghapusbukuan, Capital Adequacy Ratio, Dan Efisiensi Operasional Terhadap Return On Asset Bank Umum Syariah Pada Tahun 2010 - 2015." 2017: 11.

Pradana, Ida Bagus Kade. Kondisi Perbankan Nasional Saat Pandemi Covid-19. Infobanknews.com, 2020.

Susilowati, Kartiningsih. "Pengaruh Ukuran Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komite Audit dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan." 2020.

Thoomaszen, and Hidayat. "Keberagaman Gender Dewan Komisarisi dan Direksi terhadap Kinerja Perusahaan." Jurnal Akuntansi 30 No.8, 2020

Downloads

Published

2021-03-26

How to Cite

Mustahidda, R., & Wahyono, A. T. (2021). PENGARUH KARAKTERISTIK DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 59–64. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i1.591

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.