PENGEMBANGAN SPK EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN DOSEN DENGAN METODE SCORING SYSTEM DI IKIP PGRI SEMARANG

Authors

  • moch rosul universitas stekom
  • Robby Andika Kusumajaya Universitas Sains Dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.55606/jebaku.v1i3.26

Keywords:

Evaluasi, Sistem Pendukung Keputusan, Scoring System, Aplikasi Berbasis Web, PHP.

Abstract

Kegiatan evaluasi proses pembelajaran dosen oleh mahasiswa merupakan salah satu upaya pendukung peningkatan mutu proses pembelajaran dosen di setiap perguruan tinggi. IKIP PGRI Semarang melakukan kegiatan evaluasi proses pembelajaran dosen oleh mahasiswa setiap semester, tetapi jumlah mahasiswa yang melakukan evaluasi masih terbatas hanya dua puluh mahasiswa untuk satu dosen dan proses pelaksanaan kegiatan evaluasi serta pengarsipan data hasil evaluasi tidak efisien karena membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikir serta tidak efektif karena masih menggunakan sistem semi-manual yaitu dengan membagikan lembar kuesioner dan pengolahan hasil evaluasi dengan menggunakan Microsoft Excel sehingga terjadi dua kali proses yaitu input data penilaian oleh mahasiswa dan input data pengolahan hasil evaluasi.

Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan sistem evaluasi proses pembelajaran dosen oleh mahasiswa yang lebih efektif dan efisien dengan data yang diperoleh lebih cepat, representatif dan mendukung kelengkapan validitas datanya sehingga dapat membantu pengambilan keputusan dari hasil proses evaluasi. Hasil penelitian ini berupa aplikasi dan hasil evaluasi proses pembelajaran dosen oleh mahasiswa dengan metode scoring system berbasis web menggunakan LAMP ( Linux Apache MySql PHP ) yang terintegrasi dengan data sistem informasi akademik.

 

         

Downloads

Published

2021-12-25 — Updated on 2021-12-25

How to Cite

moch rosul, & Kusumajaya, R. A. . (2021). PENGEMBANGAN SPK EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN DOSEN DENGAN METODE SCORING SYSTEM DI IKIP PGRI SEMARANG. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.55606/jebaku.v1i3.26

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.