Dialektologi Bahasa Arab: Analisis Perbedaan Linguistik Berdasarkan Kajian Pustaka

Authors

  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ayun Febrianti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5018

Keywords:

Dialectology, Arabic Language, Phonology, Morphology, Syntax

Abstract

This study discusses Arabic dialectology by highlighting the linguistic differences that emerge across various Arabic dialects. The analysis focuses on phonological, morphological, syntactic, and lexical aspects. The research method used is a literature review, drawing on academic sources such as journals, books, and previous studies related to Arabic dialectology. The data were analyzed using a descriptive-qualitative approach to identify forms of dialectal variation and the influencing factors, including geographical, historical, and sociocultural conditions. The findings indicate that the diversity of Arabic dialects reflects the linguistic richness and dynamic nature of Arabic-speaking communities. This study is expected to contribute to the body of knowledge in Arabic linguistics, particularly in the field of dialectology.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh shalat lima waktu terhadap disiplin dan kualitas hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70–78.

Bulqiyah, H., & Sofa, A. R. (2025). Strategi meningkatkan kompetensi maharoh qiroah dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Rofiu Darojah. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 136–148.

Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas iman dan ilmu serta apresiasinya berdasarkan studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi dalam pengembangan pemikiran Aswaja di pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.

Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan generasi berkarakter unggul melalui transformasi sosial yang berbasis pendidikan, nilai, dan kolaborasi masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.

Ilahi, D. S. K., & Sofa, A. R. (2025). Digitalisasi konsep mawaddah wa rahmah dalam Al-Qur’an dan Hadits: Strategi psikologi keluarga untuk membangun keharmonisan rumah tangga di Desa Bucor Wetan Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 180–200.

Maghfiroh, D., & Sofa, A. R. (2025). Esensi cinta kepada Nabi Muhammad menurut Al-Qur’an, Hadis, dan pendapat ulama dalam kitab Mahfudzot. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 6(1), 239–251.

Maulidya, R. N., & Sofa, A. R. (2025). Pendidikan teologi Ahlus Sunnah wal Jamaah: Konsep, klasifikasi, dan implementasi dalam kehidupan Muslim. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 149–162.

Muhammad, B., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Islam dan hak asasi manusia dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits: Studi di SMA Syekh Abdul Qodir Al Jailani Rangkang Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 76–91.

Nadia, R. Y., Farid, E. K., & Sofa, A. R. (2025). Istikhdām tathbīq Bupin kawāsīlah ta‘līmiyyah raqmiyyah fī tadrīs al-lughah al-‘Arabiyyah. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 8(1), 238–253.

Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. (2025). Pendekatan komprehensif berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam: Integrasi nilai, metode, evaluasi, sosio-kultural, dan kompetensi pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187–205.

Ramadhani, L., & Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran bahasa Arab berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan: Analisis metode dan penerapannya. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400.

Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan peluang dalam menyongsong era digital dan globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.

Sakinah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pendekatan holistik dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2).

Sofa, A. R. (2023). إيكاندو لتعلم اللغة العربية عند الطفولة المبكرة في عصر الرقمنة 5.0 (Icando) استخدام. لســـانـنــا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 13(2), 287–295.

Sofa, A. R. (2024). Ibtikārāt fī ta‘allum al-lughah al-‘Arabiyyah min khilāl al-dhakā’ al-istinā‘ī: Istrātījiyyāt fa‘ālah li-taḥsīn itqān al-lughah al-‘Arabiyyah fī al-Jāmi‘ah al-Islāmiyyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.

Sofa, A. R. (2025a). Application of various interactive assessment models to increase the effectiveness of measuring the Arabic learning process and improve learners’ skills. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 6(1), 20–38.

Sofa, A. R. (2025b). Pembelajaran kitab Mahfudzot untuk membina akhlak mahasiswa di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong.

Sofa, A. R., Sukandarman, S., et al. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Google Form, GoReact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955–966.

Sofa, A. R., Anam, K., et al. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan strategi pada siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775–781.

Sofa, A. R., Sugianto, M., et al. (2024). دور اللغة العربية في التربية الإسلامية معهد علي زين الحسن قنقون: مراجعة لتعلم اللغة العربية كوسيلة للوصول إلى المعرفة الدينية. Insya: Journal of Arabic Studies, 2(1), 19–25.

Ulya, N. F., & Sofa, A. R. (2025). Dialek Quraisy dalam kajian linguistik: Peran terhadap perkembangan Bahasa Arab pra-Islam. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 401–415.

Yunus, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi dalam kehidupan peserta didik di MTs. Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209–225.

Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep pendidikan agama Islam dalam mengatasi bullying: Studi kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Ainur Rofiq Sofa, & Ayun Febrianti. (2025). Dialektologi Bahasa Arab: Analisis Perbedaan Linguistik Berdasarkan Kajian Pustaka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i2.5018

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.