Pengaruh Pemakaian Bahasa Sarkasme di Media Sosial: Bullying di Instagram

Authors

  • Tasya Caroline Universitas Islam Bandung
  • Nur Halimah Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.654

Keywords:

bahasa sarkasme,Bullying, media sosial (instagram).

Abstract

Penelitian pemakaian bahasa sarkasme, bahasa yang bayak kita jumpai di media sosial manapun terutama di instagram. Pembahasan tentang bahasa sarkasme di karena kurangnya pemahaman tentang penegrtia apasi itu sarkasme?. Bertujuan untuk menubah polah pikir yang awalnya negatif menjadi positif dan untuk memberi tahu penuturan kata bahasa yang baik, dampak apa saja yang terdapat pada kata sarkasme,memberikan reflenresi penggunaan tutur bahasa, sumber data atau objek penelitan ini dari instagram dan internet. Dikaji dari akun instagram dan sumber media sosial yang menggunakan kata-kata sarkasme atau kata kasar dan keras dari komentar yang tidak menggunakan bahasa yang sopan.

References

Abdul Chaer & Leone Agustina. 2015. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: RinekaCipta.

Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Jurnal Disastra, Vol. 3 No.1, 98-103.

Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 2 No.3, 427-432.

Bahasa, P. (2008). Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Depertemen Pendidikan Nasional.Betul Tonbuloglu, Betul; Aslan, Dolgun. Aydin, Hasan. 2016. “Teachers’ Awareness of Multicultural Education and Diversity in School Settings” dalam Eurasian Journal of Educational Research, Issue 64, 2016, 1-28

Iryani, Endang. Diglosia anatara bahasa jawa dan sunda( studi kasus masyarakat bahasa kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon). 2017. Jurnal Inovasi Pendidikan MH. Thamrin. 1(2):1-6. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/jipmht/article/view/1

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2022). Gaya Humor Pada Puisi “Iklan” Karya Sapardi Djoko Damono Jurnal Metabasa: Universitas Siliwangi, Volume 4, Nomor 1, 1-9.

Isnaini, H. (2019, 8 Agustus 2019). Pembelajaran Memahami Karya Sastra Sebagai Bagian Pembelajaran Kritik Sastra pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Paper presented at the Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, Majalengka, Jawa Barat.

Isnaini, H. (2021). Tafsir Sastra: Pengantar Ilmu Hermeneutika. Bandung: Pustaka Humaniora.

Kurniasari, N., Andrianti, V., & Isnaini, H. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan pada Salah Satu Judul Berita "Isu TKA Digoreng Menjelang Pilpres" pada Surat Kabar Tribun Jabar Edisi 25 April 2018. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 4, 527-534.

Marsudi. 2009. Jati Diri Bahasa Indonesia di Era Globalisasi Teknologi Informasi. Jurnal Sosial Humaniora. 2(2)133-148. DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v2i2.658

Nababan, P.W.J. (1986). Sosiolinguistik. Jakarta: PT.Gramedia.

Simatupang. Ruth R., Muhammad R., Khundharu S. 2018. Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia( Kajian Sosiolinguistik Alih Kode dan Campur Kode). Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra. 3(2): 119-130 DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v3i2.5981

Saddhono,Kundharu. 2012. Kajian Sosiolingustik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing(Bipa) Di Universitas Sebelas Maret. Jurnal Kajian dan Sastra. 24(2): 176-186 DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v24i2.96

Robert K. 2000. Case Study Research: Design and Methods (Studi Kasus: Desain dan Metode). Terjemahan M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Tasya Caroline, & Nur Halimah. (2022). Pengaruh Pemakaian Bahasa Sarkasme di Media Sosial: Bullying di Instagram. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(3), 39–42. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.654

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.