Pengaruh Partisipasi Les Privat Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN Selorejo Mojowarno Jombang

Authors

  • Shinta Sekar Arum Fatimatuz Zahro Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3582

Keywords:

Konvensional, Kemampuan Berfikir Kritis, Les Privat Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh les privat terhadap motivasi siswa kelas IV SDN SELOREJO. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dan menggunakan bentuk desain One Group Pre Test Post Test. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Tes tersebut terdiri dari soal isian yang berjumlah 10 soal. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Selorejo Mojowarno Jombang. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis data posttest yang telah dilakukan diperoleh nilai hasil thitung ≥ ttabel yaitu -15.000 ≥ 1.672 dan nilai sig (2-tailed) data posttestt sebesar 0.000 ≤ 0.05 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Published

2024-03-11

How to Cite

Shinta Sekar Arum Fatimatuz Zahro. (2024). Pengaruh Partisipasi Les Privat Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN Selorejo Mojowarno Jombang. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 54–68. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3582

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.