PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

Authors

  • Herlina Herlina IKIP PGRI Pontianak
  • Helmina Aprida IKIP PGRI Pontianak
  • Ya'hendrawan IKIP PGRI Pontianak
  • Tiwik Adinda Kinasih IKIP PGRI Pontianak
  • Shinta Septiani IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i2.380

Keywords:

komputer, hasil belajar, sistem operasi windows.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem operasi windows kelas VII SMP. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang disaikan merupakan data statistik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan desain true experimental design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 46 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes. Berdasarkan hasil uji statistik tes kemampuan pemecahan masalah matematis  menggunakan nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dapat dilihat dari hasil uji t yaitu thitung  24,3 > ttabel 1,729. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran berbasis komputer. Untuk kelas kontrol kemampuan hasil belajar siswa yaitu thitung  26,8 > ttabel 1,708. Artinya terdapat peningkatan menggunakan mode lpembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil uji t dua sampel yang menggunakan nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai uji t kemampuan pemecahan masalah thitung  2,53 > ttabel 1,671. Artinya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis komputer lebih baik dari pada yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam materi sistem operasi windows.

References

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Halidi, H. M., & Saehana, S. N. H. dan S. (2015). Pengaruh Media Pembelejaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.

Hidayat, R. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA IPA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 4, Issue 1).

Marwan, A., & Sweeney, T. (2010). Teacher Perception of Educational Technology Integration in an Indonesian Polytechnic. Asia Pacific Journal of Education: Vol. 3, No 4. Pp. 463-476.

Munandar, S.C. 1996. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Yogyakarta: Andi Ofset.

Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Petik, 6(1), 18–26. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.729

Pertiwi, F. T., & Sumbawati, M. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Berbasis Chamilo dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. It-Edu, 3(02), 88–97.

Rohmatulloh, R., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. EDUKATIF: JURZNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 436-442.

Sundayana, Rumus Alpha. Bandung: Alfabeta, 2015, p. 69

Sumiati, & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2022-08-07

How to Cite

Herlina Herlina, Helmina Aprida, Ya’hendrawan, Tiwik Adinda Kinasih, & Shinta Septiani. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.55606/jutiti.v2i2.380

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.