PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE, INTENSITAS IKLAN DAN POTONGAN HARGA TERHADAP IMPULSIVE BUYING KONSUMEN GENERASI MILENIAL

Authors

  • Ronald Ivan Geraldo Universitas Media Nusantara Citra
  • Rudy P. Tobing Universitas Media Nusantara Citra
  • Nike Larasati Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.766

Keywords:

Aplikasi e-commerce, Intensitas Iklan, Potongan Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi e-commerce,intensitas iklan dan potongan harga terhadap impulsive buying. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jumlah 100 responden. Responden penelitian ini ada konsumen generasi milenial yang berusia 17-27 tahun yang pernah belanja online di aplikasi e-commerce. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang berisi 20 pernyataan. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis korelasi, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aplikasi e-commerce, intensitas iklan dan potongan harga terhadap impulsive buying dengan nilai R-Square sebesar 0,523. konsumen generasi milenial yang pernah memakai aplikasi e-commerce dan melakukan pembelian di aplikasi e-commerce yang dipengaruhi oleh iklan dan potongan harga. Masih ada variabel lain yang mempengaruhi impulsive buying yang tidak di bahas di penelitian ini.

References

Abdul. (2010). Quality of Psychology Test Between Likert Scale 5 and 6 Points. Journal of Social Sciences, 6(3), 399–403. https://doi.org/10.3844/jssp.2010.399.403

Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 6681, 429–430.

Astuti, M. (2015). Peranan Media Periklanan Dalam Pembelian Mobil Truk Pada PT. ASTRA International Tbk. Auto 2000 Cabang Plaju Palembang. 1–13. http://eprints.polsri.ac.id/726/

Baskara, I. B. (2015). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Indra Bayu Baskara, 87–96.

Beatty, S. E., & Elizabeth Ferrell, M. (1998). Impulse buying: Modeling its precursors. Journal of Retailing, 74(2), 161–167. https://doi.org/10.1016/s0022-4359(98)90009-4

Chen, H., Xu, H., Yenti Sumarni, Siaha Widodo, A., Pujayanti, D. A., Ishatono, I., Raharjo, S. T., Aristi, N. M., & Pratama, A. R. (2020). Μ 2 -1,2-. Al Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 159. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Doddy, I., Masyithoh, S., & Setiawati, L. (2018). Analisis overreaction pada harga saham perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia. Jurnal Manajemen, 9(1), 31. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i1.2473

Eddy Soegiarto K dan Mardiana, M. (2016). Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Pakaian Wanita di Pasar Pagi Samarinda. Ekonomia, 5(3), 298–312.

Emor, R., Soegoto, A., Emor, R. Y., Supandi Soegoto, A., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, J. (2015). the Influence of Price Discounts, Brand Image, and Servicescape Towards the Purchase Decision of Consumers Indomaret Tanjung Batu. 3(2), 738–748.

Fitri, N. A., & Basri, H. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Pada Generasi Milenial Di Era Pandemi Covid-19 Dengan Pengetahuan Ekonomi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 183–192. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/1329

Frida Nurarifiyani. (2016). Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Iklan Kosmetik Dengan Minat Membeli Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta. 106(1), 6465–6489. http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-01

Gustaman, M. F. M., & Dewi, C. K. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mendorong Shopping Cart Abandonment. EProceedings of Managemint, 6(2), 3895–3905. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9410

Hanifa, R. N., Fitriana, A., & Tayo, Y. (2018). Pengaruh Intensitas Terpaan Iklan Shopee di Televisi Terhadap Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(2), 37–45.

Haq, A. A. F., & Fahmi, I. S. (2020). Pengaruh potongan harga terhadap pembelian impulsif pada pengguna aplikasi grab (grabfood). Jurnal Manajemen, 12(1), 1–9.

Hasibuan, A. N., & Rambe, D. (2020). Perilaku Konsumen dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender. Mediastima, 26(1), 84–116.

Hidayati, A., Hidayat, T., & Pristian, R. (2020). E-Commerce Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Ikip Pgri Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Edutama, 1–12.

Iyas. (2011). Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce pada Usaha Rumahan Griya Unik Wanita. TI FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 174.

Jeklin, A. (2016). Peran E-commece Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM ). 21(July), 1–23.

Kasmi, K., & Candra, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal AKTUAL, 15(2), 109. https://doi.org/10.47232/aktual.v15i2.27

Khotimah, K. (2020). Efektivitas E-Commerce dalam Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Store CP-SHOPONLINE29 Pasir Pangairan. 83.

Kusumastuti, E. (2013). Perbedaan Pembentukan Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa SMP pada Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numered Heads Together dalam Pembelajaran PKn. 48–59.

Lin, P. C., & Lin, Z. H. (2013). Buying impulse triggered by digital media. Service Industries Journal, 33(9–10), 892–908. https://doi.org/10.1080/02642069.2013.719887

Lubis, A. R. (2021). Skripsi analisis pengaruh penggunaan e-commerce terhadap peningkatan penerimaan usaha mikro di kota medan. Skripsi Universitas Sumatera Utara Medan.

Mamuaya, N. C. (2018). The Effect of Sales Promotion and Store Atmosphere on Hedonic Shopping Motivation and Impulsive Buying Behavior in Hypermart Manado City. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 13(1), 83. https://doi.org/10.19166/derema.v13i1.785

Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A. (2014). Teori Periklanan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7–27. http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/1886/5/128320020_file5.pdf

Miranda, Y. C. (2016). Kajian Terhadap Faktor yang Mempengaruhi Impulse buying dalam Online Shoping. Journal Kompetensi, 10(1), 1–14. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/download/3424/2533

Ningtyas, M. (2014). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 1, 32–41.

Pradana, A. A., & Wahyuningdyah, R. Y. (2019). Analisis Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus, Pajangan dalam Toko dan Suasana Toko Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Hybrid di Kota Semarang. Jemap, 2(1), 47. https://doi.org/10.24167/jemap.v2i1.2099

Purnama1, R. A., & Ariyati, P. P. (2018). Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Departemen Store Kota Sukabumi. 7(01), 71–80.

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal SNEMA-2015 Padang-Indonesia, c, 346. http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26. Rose Rahmidani (hal 344-352)_0.pdf

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99

Sapma Apriliana, N., & Priyo Utomo, E. (2019). Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri. Jurnal Komunikasi, 13(2), 179–190. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art5

Sianipar, M. (2017). Pengaruh Potongan Harga Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Indomaret Jamin Ginting Padang Bulan. 7–37.

Stephen, A., Canthika, A., Subrata, D., & Veronika, D. (2020). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Indonesian Business Review, 2(2), 233–248. https://doi.org/10.21632/ibr.2.2.233-248

Studi, P., Akuntansi, P., Pendidikan, J., Pengetahuan, I., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Dharma, U. S. (2009). Pengaruh persuasi iklan televisi dan kemasan terhadap minat beli konsumen.

Subiyakto, A., Juliansyah, M. R., Utami, M. C., & Susanto, A. (2019). Combining the Statistical and Interpretative Analyses for Testing E-Commerce Customer Loyalty Questionnaire. 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2018, Citsm. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674342

Hidayati, A., Hidayat, T., & Pristian, R. (2020). E-Commerce Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Ikip Pgri Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Edutama, 1–12

Tielung, M. V. J. (2017). Pengaruh Potongan Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3538–3548.

Uswatun Chasanah, & Muhammad Mathori. (2021). Impulsive Buying: Kajian Promosi Penjualan, Gaya Hidup, Dan Norma Subyektif Pada Marketplace Di Yogyakarta. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 12(2), 231–255. https://doi.org/10.21009/jrmsi.012.2.03

Wibowo, B. S., & Haryokusumo, D. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86. https://doi.org/10.25273/capital.v3i2.6077

Wijaya, D. S. (2013). Motivasi Pembelian ( Studi eksplanatif tentang pengaruh terpaan Iklan TVC Hydro Coco versi “ Syamsir Alam ” terhadap tingkat motivasi pembelian produk Hydro Coco di kalangan member JCI ( Juventus Club Indonesia ) chapter Yogyakarta ). Ilmu Komunikasi & Politik, 1, 1–48.

Wildinata, M. F. (2019). Pengaruh Potongan Harga Dan Brand Image Terhadap Impluse Buying (Konsumen Wrangler Di Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam). Skirpsi, 17–158.

Wulandari, N. (2020). Pengaruh Potongan Harga (Price Discount) terhadap Keputusan Impulse Buying pada Perusahaan Ritel Jumbo Mart. Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Khasim Riau Pekanbaru, 11671201478. http://repository.uin-suska.ac.id/27250/

Yanti, F. (2018). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Locus Of Control, dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis pada Pelaku Bisnis Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Thesis Universitas Sumatera Utara, 44–48.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Geraldo, R. I., Tobing, R. P., & Larasati, N. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE, INTENSITAS IKLAN DAN POTONGAN HARGA TERHADAP IMPULSIVE BUYING KONSUMEN GENERASI MILENIAL. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 77–85. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.766

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.