SISTEM KOMPUTERISASI PENGGAJIAN KARYAWAN OUTSOURCING

Authors

  • Sofi Widiyanti Universitas STEKOM

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3.53

Keywords:

Penggajian, Pemrograman, VisualBasic

Abstract

  1. MAP ABADI SENTOSA yang beralamat di Jalan Pemuda no.138 Semarang adalah sebuah perusahaan Outsourcing yang bergerak di bidang jasa parkir. Di kota Semarang, PT. MAP ABADI SENTOSA memiliki beberapa pihak yang berkepentingan dengan perusahaanya, sehingga harus memiliki cukup banyak karyawan yang dibutuhkan. Seiring berjalanya perusahaan jasa ini, PT. MAP ABADI SENTOSA tidak lepas dari suatu permasalahan yang di hadapi.

Salah satu masalah yang terjadi adalah penggajian karyawan. Pengolahan data  yang dilakukan masih menggunakan manual dan dengan Microsoft Excel, sehingga dalam proses penggajian, bagian administrasi harus membuka file-file yang di perlukan. Sehingga proses pembuatan laporan gaji menjadi lambat karena sering terjadi kesalahan dalam memasukan data dan sering terjadi kesalahan dalam penjumlahan total gaji karyawan kontrak dengan karyawan training dikarenakan human error.

Saat ini PT. MAP ABADI SENTOSA sangat membutuhkan sebuah sistem komputerisasi penggajian karyawan yang mampu meminimalisir kesalahan yang sering terjadi, sehingga mampu meningkatkan kinerja karyawan secara efektif dan efisien. Berdasarkan metode observasi dan wawancara terhadap karyawan administrasi di PT. MAP ABADI SENTOSA, serta di dukung dengan Metode Studi Pustaka. Penulis akan membuat sebuah aplikasi Sistem Komputerisasi Penggajian menggunakan pemrograman VisualBasic 6.0 yang memiliki database dari Microsoft Access 2003, program ini akan di gunakan oleh administrasi PT. MAP ABADI SENTOSA wilayah Semarang. Dengan dilengkapi sebuah sistem keamanan

menggunakan password. Aplikasi yang dibuat terdiri atas: Inputan Data, Trnsaksi yang dilakukan, dan Laporan Penggajian yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan Sistem ini, dapat mempercepat pencarian data, karena data terorganisir database dengan  baik sehingga mempercepat proses penggajian dan meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam penjumlahan total gaji yang akan di terima karyawan.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Sofi Widiyanti. (2022). SISTEM KOMPUTERISASI PENGGAJIAN KARYAWAN OUTSOURCING. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 51–60. https://doi.org/10.55606/jurima.v1i3.53