PENGARUH KINERJA ROOM ATTENDANT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT DI JW MARRIOTT HOTEL SURABAYA

Authors

  • Sugiman Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Binti Kurniawati Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v1i1.270

Keywords:

Kinerja, pelayanan housekeeping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja room attendant dalam meningkatkan pelayanan housekeeping department di JW Marriott Hotel Surabaya, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh room attendant, serta solusi untuk menangani daripada kendala tersebut. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh kinerja room attendant dalam meningkatkan pelayanan housekeeping department di JW Marriott Hotel Surabaya, baik kendala maupun solusi untuk room attendant. Berdasarkan hasil penelitian, untuk meningkatkan kinerja petugas room attendant selalu melakukan pelatihan, coaching, hingga belajar bersama dengan senior yang sudah berkompeten pada bidangnya. Serta kendala yang dihadapi yaitu kekurangan linen parstock, equipment kamar yang bermasalah, serta ketersediaan chemical yang terkadang tidak ada. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kinerja room attendant dapat mempengaruhi kepuasan pelayanan pada tamu yang menginap.

References

Agus,Sulastiyono. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung : CV.Alfabeta.

Agus. Nawar, (2002). Operasional Tatagraha. Jakarta: PT. Gramedia.

Hubis ,Mangkuprawira. (2007:153), Pengertian Kinerja Karyawan.

Joko Suprapto (2007). “Standart Operasional Procedure Room Boy di House Keeping Hotel Sahid Jaya Yogyakarta” .

Khaerul Ulum. (2010:190-191) Penilain Terhadap Kinerja Pegawai

Lexy, Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Moh. Pabundu. Tika H, 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan Pertama, PT. Bhumi Aksara, Jakarta.

Nyoman S. Pendit, (2005:274), Housekeeping Department.

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor Pm.53/Hm.001/Mpek/2013 Bab 1 Pasal 1 Ayat 4. Pengertian hotel.

Rumekso. (2002:7). Housekeeping Hotel, Yogyakarta : Andi

Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rumekso. (2001). Housekeeping Hotel. Yogyakarta.: Andi

Singodimedjo. (2002) Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta : STIE YKPN

Sofiyah, Ramdhani ES (2002).Kamus Lengkap Bahsa Indoneisa, Karya Agung, Surabaya

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

Sugiman, & Binti Kurniawati. (2021). PENGARUH KINERJA ROOM ATTENDANT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT DI JW MARRIOTT HOTEL SURABAYA. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 12–15. https://doi.org/10.55606/jurima.v1i1.270

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.