PENGARUH MODAL DAN PENINGKATAN PENJUALAN TERHADAP LABA USAHA STUDI KASUS PADA KEYO COFFEE DI PAL V KECAMATAN KOTA BARU

Authors

  • Nur Tajdidah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Fathuddin Abdi UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • Muhammad Ismail UIN Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2503

Abstract

This study aims to determine the effect of Capital and Sales Increase on Operating Profit either simultaneously or partially. The sample in this study is Keyo Coffee. Hypothesis testing using multiple linear regression analysis with the help of the SPSS program. The results showed that the variables of Capital and Sales Increase had a positive and significant effect on Operating Profit. Partially, capital has no effect on operating profit. While partially, the Sales Increase variable has a positive and significant effect on Operating Profit. The influence given by the independent variable on the dependent variable Is 91,5%.

References

Aedy, Hasan, Teori dan Aplikasi Etika Bisnis Islam, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Arifin, Agus Zaihul, Manajemen Keuangan, (Yogyakarta: Zahir Publishing, 2018)

Arikunto, Suharsmi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta, Rineka Cipta, 2010).

Ghozali, Imam dan Anis Chariri, Teori Akuntansi Edisi 4, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016)

Handayani, Tati dan Muhammad Anwar Fathoni, Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam, (Yogyakarta: Deepublish, 2019).

Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, (Depok: Rajawali Pers, 2018)

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, (Jakarta: Prenhalindo, 2012)

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1, (Jakarta: Erlangga, 2009)

Mudrajad Kuncoro, “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi” Edisi 4. (Jakarta: Erlangga. 2013)

Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. (Bandung: Tarsito 2001)

Santoso, Ivan Rahmat, Ekonomi Islam, (Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo Press, 2016)

Sari, Raihanah dan Mahmudah Hasanah, Pendidikan Kewirausahaan, (Yogyakarta: K-Media, 2019)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2019).

Sudarmanto Gunawan R. Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS. (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005)

Sulistyanto, Sri, Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris, (Jakarta: PT Grasindo, 2008)

Suparyanto, R.W, Kewirausahaan Konsep dan Realita pada Usaha Kecil, (Bandung: Alfabeta, 2016)

Suryana, Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses, (Jakarta: Salemba Empat, 2014)

Swastha, Basu, Manajemen Pemasaran Modern edisi 2, (Yogyakarta: Liberty, 2008)

Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran Edisi III, (Yogyakarta : CV. Andi Offset, 2008)

Waskito, Jaka, Manajemen Keuangan Bisnis, (Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2019)

Aslichah, SS Dwiningwarni, Yulianto, dan Supriyadi, Pengaruh Modal Usaha Dan Penjualan Terhadap Laba Usaha Pada Perusahaan Penggilingan Padi, Journal of Management and Accounting, Vol. 1 No. 2, 2018.

Amador dan Widiyanto, Pengaruh Modal Kerja Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada Semerbak Coffe Tembalang Semarang), Journal Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Volume 5, Nomor 2, 2012.

Fachrudin, Fachri, Kajian Teori Laba Pada Transaksi Jual Beli Dalam Fiqh Mu’āmalah (Studi Komparasi Teori Laba Ekonomi Konvensional), Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam Vol 1, No 01, 2017.

Hanum, Nurlaila, Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang, Jurnal Samudra Ekonomika, Vol.1, No. 1, 2017.

HM, Muh Ansar. Pengaruh Modal Kerja terhadap Volume Penjualan UKM Minyak Kelapa di Kabupaten Polewali Mandar, Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2014.

Irawan, Mohamad Rizal Nur, Pengaruh Modal Usaha Dan Penjualan Terhadap Laba Usaha Pada Perusahaan Penggilingan Padi Ud. Sari Tani Tenggerejo Kedungpring Lamongan, Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, Volume I No. 2, 2016.

Jawad, Naufald Abdul, Pengaruh Modal Kerja Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Perusahaan, Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, Vol. 04 No. 01, 2018.

Kristianti, Aprida, Pengaruh Modal Kerja Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Otomotif Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017, Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya Vol.1, No.1, 2021.

Kholifah, S., & Koerniawan, I. (2022). Desain Sistem Informasi Pemasaran Produk Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Komputerisasi Akuntansi Universitas Stekom Semarang Berbasis Web Dan Mobile. Stability: Journal of Management and Business, 5(2), 137-147.

Koerniawan, I. (2020). Pengantar Akuntansi. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-275.

Maulida, Annisa Widya. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Penjualandan Dampaknya Pada Laba Bersih (Sensus Pada Perusahaan Food and Beverage yang TerdaftarDi Bursa Efek Indonesia), Bandung: Universitas Siliwangi, 2017

Niar, Andri dan Risma, Pengaruh Penjualan terhadap Laba (Studi Kasus Pada Home Industry Kopi Karuhun), Jurnal Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Volume 5 No. 1, 2020.

Ningsih, Nur Ilmi Widya. “Nongkrong dengan Suasana Simpel nan Nyaman di Keyo Coffee,” diakses melalui alamat https://brisik.id/read/68212/nongkrong-dengan-suasana-simpel-nan-nyaman-di-keyo-coffee.

Nurfarkhana, Anna, Pengaruh Modal Kerja Terhadap Laba Usaha Pada Koperasi Serba Usaha Sejati Mulia Jakarta, Jurnal Sosio-E-Kons, Vol. 7 No. 3, 2015.

Paranesa, Gede Nogi, Wayan Cipta, dan Ni Nyoman Yulianthini, Pengaruh Penjualan Dan Modal Sendiri Terhadap Laba Pada Ud Aneka Jaya Motor Di Singaraja Periode 2012-2014, Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen vol.4, 2016.

Putra, Komang Gede Candra Adi dan Made Henny Urmila Dewi, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Badung Kota Denpasar : Studi Sebelum Dan Sesudah Di Relokasi, Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol.7 No.6, 2018.

Putu, Ketut dan Wayan, Pengaruh biaya produksi dan penjualan terhadap laba pada perusahaan kopi bubuk Banyuatis, Jurnal Manajemen Indonesia, Vol. 02 No. 01, 2014.

Supriadi, Yoyon dan Puspitasari, Ratih. “Pengaruh Modal Kerja Terhadap Penjualan Dan Profitabilitas Perusahaan Pada PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK (Effect of Working Capital to Sales and Profitability),” Jurnal Ilmiah Kesatuan, No. 1, Vol. 14, 2012.

Triani, Anis, Acep Suherman, dan Ade Sudarma, Pengaruh Penjualan Terhadap Laba Bersih, Jurnal Edukasi Volume 8 Nomor 2, 2020.

Wardiningsih, Suprihatmi Sri, Pengaruh Modal Kerja, Aset, Dan Omzet Penjualan Terhadap Laba Ukm Catering Di Wilayah Surakarta, Jurnal Perilaku Dan Strategi bisnis Vol.5 No.1, 2017.

Wahyu Prabowo, Pengaruh Modal dan Volume Penjualan Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Usaha Warung Kopi 99 Palu), Journal Universitas Tadaluko, Vol. 1 No. 2, 2020.

Yateno, Pengaruh Sumber Dan Penggunaan Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Dan Risiko (Studi Kasus Pada Kopkar “Dwi Karya” di Lampung Tengah), JMK, Vol. 9, No. 1, 2011.

Yolanda, Olfa. Prospek Pengembanganusaha Minuman Thai Tea Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Bisnis Waralaba Cafe Teanol Di Kec. Telanaipura Kota Jambi, Jambi: UIN STS Jambi, 2021.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Nur Tajdidah, Fathuddin Abdi, & Muhammad Ismail. (2023). PENGARUH MODAL DAN PENINGKATAN PENJUALAN TERHADAP LABA USAHA STUDI KASUS PADA KEYO COFFEE DI PAL V KECAMATAN KOTA BARU. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 216–226. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2503