FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GENERASI Z DALAM KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN E-MONEY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Authors

  • Anita Santri Caniago Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
  • Rafidah Rafidah UIN Sulthan Thaha Saifuddin
  • Erwin Saputra Siregar UIN Sulthan Thaha Saifuddin

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2458

Abstract

This Study aims to analyze the effect of perceptions of trust and perceived risk on the use of e-money services on students of the Faculty of Islamic Economics and Business UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. The method used in this research is a quantitative method. The population in this study amounted to 96 students. Collecting data in this thesis through observation, interviews and questionnaires. The results of this study indicate that the perceived trust variable has a significant positive effect on the use of e-money services. Furthermore, the variable perceptions of trust and perceived risk together have a significant effect on the variable of using e-money services. This illustrates that the contribution of the independent variable to the dependent variable has a effect of 67,9% and the remaining 32,1% is influenced by other variables not examined in this study. So it can be concluded that if the variable perceptions of trust and perceived risk experience an increase, then the variable use of e-money services of students of the Islamic economics and business faculties of UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi will also experience an increase.

References

Abidin, Muhammad Sofyan. 2015. Dampak Kebijakan Electronic Money di Indonesia Sebagai Alat Sistem Pembayaran Baru. Tugas Akhir (tidak diterbitkan). UNNES Surabaya.

Aulia Pohan, Sistem Pembayaran “Strategi dan Implentasi di Indonesia ( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011), h.218.

Bareksa. 2019. Penggunaan Internet dan Digital Banking Melonjak karena Faktor lain.

Fachmi Basyaib. 2007. Manajemen Resiko. Jakarta: Grasindo.

John C.Mowen dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen (Erlangga, Jakarta)

Ktut Silvanita. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Lain ( Jakarta: Alfabeta)

Nachrowi dan Hadrius Usman, 2002. Penggunaan Teknik Ekonometri (Jakarta: Rajawali Press)

Nufransa Wira Sakti. 2014. Buku Pintar E-commerce,Jakarta : Transmedia Pustaka,.

Rifqi Suprapto dan M. Zaky Wahyuddin Azizi, 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Ponorogo: Myria Publisher)

Serfianto, Iswi Hariyani, dan Cita Yustisia Serfiani. 2012. Untung Dengan Kartu Kredit, Kartu ATM Debit, dan Uang Elektronik. Jakarta: Visimedia.

Suryani Herdryani. 2018. Metode Riset Kuantitatif. (Jakarta: kencana), Hlm. 109.

Agustina Mutia, Refky Fielnanda dan Adinda Kirana, Pengaruh Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet pada Mahasiswa di kota Jambi.Jurnal Ekonomi, Manajemen, AKuntansi dan Bisnis, 2023

Anang Sugara dan Rizki Yudhi Dewantara,“Analisis Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Sistem Jual Beli Online”, Jurnal Administrasi Bisnis

Ashif Syifa'ul Qulub. 2019. Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Pengguna, Persepsi Resiko terhadap Minat Menggunakan Layanan E-money( Studi Kasus Pada Masyarakat Cirebon).

Boediono, “Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia volume 9-11” (Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Gadjah Mada. 1994)

Buyung Nova Trianggono dan Istiatin. 2020 Persepsi Kemudahan, Resiko dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay(Studi Kasus pada Mahasiswa UNIBA Surakarta)

Dewi Permata Sari. 2021. Analisis Pengaruh Tanggapan Kemudahan, Kepercayaan dan Risiko Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan E-money pada PT.Bank Sumut KC Syariah Medan.

Dian Ambarwati. 2019. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa STIE AUB SURAKARTA

Fantry Wijayanti. 2017. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Persepsi Resiko terhadap minat Menggunakan e-money( Studi Kasus Mahasiswa Islam Indonesia).

Hendra Prasetya dan Scenda Eka Putra. 2020. Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Risiko Pada Penggunaan E-money di Surabaya.

Khalifatunnisa Ismi Shalikah. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Sikap Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Kusuma, F. 2014. “Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, and Trust Terhadap Behavioral Intention to Use E-Money.”

Koerniawan, I., & Mustofa, M. (2019). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Profile Matching Studi Kasus Di Mts Negeri Brangsong. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 29-34.

Koerniawan, I., & Fatmawati, I. (2021). Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Berbasis Client Server Pada Sma Ky Ageng Giri Banyumeneng Mranggen Demak. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), 51-57.

Lita Asyriti Latif dkk. Bahan Ajar Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi

Muhammad Adi Wibowo dan Sri Suryoko. 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Tarif dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan Produk E-Money( Studi Kasus pada Pengguna Layanan Go-Pay di Kota Jakarta)

Muhammad Subhan,Agustina Mutia dan Muhammad Rizki, Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan E-Money pada Mahasiswa UIN STS JAMBI, 2023

Mutiara Ayu. 2019. Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Penggunaan e-money( Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Go-Pay di Kota Semarang).

Oktaviani Dewi. 2022. Persepsi Kemudahan, Resiko dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay(Studi Kasus pada Mahasiswa UNIBA Surakarta)

Rafidah dan Anis Purdianawati, Pengaruh Persepsi Kepercayaan, Persepsi Resiko, dan Keamanan terhadap minat beli konsumen pada E-commerce Shope.Jurnal Cakrawala Ilmiah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi, 2023

Rini Hayati Lubis Nurul Izzah,“Faktor Penentu Gaya Hidup Halal Generasi Z DiSumateraِUtara” vol. 8 (2022)

Siti Lathifah Nurhaliza. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Risiko dan Keamanan terhadap Minat Penggunaan E-money dikalangan Mahasiswa di Yogyakarta.

Wahyu Nursyahril dan Brady Rikumahu. 2019. Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Perilaku Penggunaan E-money Pada Mahasiswa Universitas Telkom.

Wibowo, S, Dede Rosmauli, dan Usep Suhud. 2015. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta).” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Anita Santri Caniago, Rafidah Rafidah, & Erwin Saputra Siregar. (2023). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GENERASI Z DALAM KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN E-MONEY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 160–172. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2458