Analisis Strategi Personal Selling pada Produk Funding di PT. BPR Syariah Carana Kiat Andalas Cabang Payakumbuh

Authors

  • Deli Safitri UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Andy Riski Pratama UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.998

Keywords:

Strategi, Personal Selling, Produk Funding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana strategi personal selling pada produk funding di PT. BPR Syariah Carana Kiat Andalas Cabang Payakumbuh dan kendala strategi personal selling pada produk funding  di PT. BPR Syariah Carana  Kiat Andalas Cabang Payakumbuh. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis SWOT, analisis Matrik IFE dan EFE, analisis Matrik SWOT, analisis tabel bobot skors.

Setelah dilakukan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi personal selling pada produk funding di PT. BPR Syariah Carana Kiat Andalas Cabang Payakumbuh yaitu strategi SO: 1)Memaksimalkan personal selling dengan sistem door to door untuk mendapatkan nasabah baru pada wilayah/ segmen pasar yang belum terjangkau, 2)Meningkatkan kemudahan dan kecepatan dalam transaksi produk funding untuk menarik minat nasabah pekerja/ pelaku usaha di Payakumbuh, 3)Memaksimalkan briefing kepada tenaga personal selling sebagai evaluasi dan peningkatan kinerja untuk terjun ke lapangan, 4)Mempertahankan keramahan pelayanan pada saat melakukan pendekatan personal selling dengan nasabah sehingga dapat menjadi kerjasama jangka panjang, 5)Selalu cepat tanggap dalam menghadapi keluhan nasabah sehingga terciptanya kesan baik dari nasabah dan mendapatkan preferensi nasabah baru dari nasabah lama. Kendala yang dihadapi pada saat melakukan personal selling pada produk funding: Masih kurangnya SDM untuk melakukan personal selling, tidak sejalannya waktu dengan nasabah, membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk membujuk nasabah, adanya BPR dan BPRS saingan, memiliki target pasar yang sama dengan pesaing.

References

Ainulyaqin, Muhammad Hamdan. 2021. Analisis Peranan Strategi Marketing Funding dalam Peningkatan Jumlah Nasabah dan Dana Pihak Ketiga. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah. 3(1):146

Andrianto, dan M Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah. Jakarta: CV Penerbit Qiara Media

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak

Astuti, Tri Yuli. 2017. Analisis Strategi Personal Selling dalam Perkembangan Jumlah Tabungan Anggota di BMT Al-Fath Mandiri Karongwotan Pati. Kudus: STAIN Kudus

Banjarnahor, Astri Rumondang dkk. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis

Budiarta, Kustoro. 2009. Pengantar Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media

Caroline dan dkk. 2021. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Cirebon: Insania

DF, Fajar Nur’aini. 2016. Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia

Febiola, Nimas Ayu Putri. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Personal Selling pada Produk Syariah Pembiayaan dalam Meningkatkan Penjualan Polis Asuransi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung

Firmansyah, Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media

Haryanto, Rudy. 2020.Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Pamekasan: Duta Media Publishing

Huda, Nurul, dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Depok: KENCANA

Ibrahim, Muh Nur Eli. 2021. Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET

Ikit. 2018. Manajemen Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Gava Media

Kaluku, Firliyanti. 2018. Analisis Bauran Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA. 6(2): 890

Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: KENCANA

Kurniawan, Muhammad. 2021.Bank dan Lembaga keuangan Syariah. Jawa Barat: Cv Adanu Abitama

Melati. 2020. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Nasional, Departemen Pendidikan. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Putri, Sintia Anggriani. 2021. Analisis Strategi Personal Selling pada Produk Tabungan Impian Ib di Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Majapahit 2 Dimasa Pandemic Covid 19. Ponorogo: IAIN Ponorogo

Rahim, Abd Rahman. 2016. Manajemen Strategi. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Deli Safitri, & Andy Riski Pratama. (2022). Analisis Strategi Personal Selling pada Produk Funding di PT. BPR Syariah Carana Kiat Andalas Cabang Payakumbuh. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 244–259. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.998