Analisis Strategi Personal Selling pada Produk Funding di PT. BPR Syariah Carana Kiat Andalas Cabang Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.998Keywords:
Strategi, Personal Selling, Produk FundingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana strategi personal selling pada produk funding di PT. BPR Syariah Carana Kiat Andalas Cabang Payakumbuh dan kendala strategi personal selling pada produk funding di PT. BPR Syariah Carana Kiat Andalas Cabang Payakumbuh. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis SWOT, analisis Matrik IFE dan EFE, analisis Matrik SWOT, analisis tabel bobot skors.
Setelah dilakukan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi personal selling pada produk funding di PT. BPR Syariah Carana Kiat Andalas Cabang Payakumbuh yaitu strategi SO: 1)Memaksimalkan personal selling dengan sistem door to door untuk mendapatkan nasabah baru pada wilayah/ segmen pasar yang belum terjangkau, 2)Meningkatkan kemudahan dan kecepatan dalam transaksi produk funding untuk menarik minat nasabah pekerja/ pelaku usaha di Payakumbuh, 3)Memaksimalkan briefing kepada tenaga personal selling sebagai evaluasi dan peningkatan kinerja untuk terjun ke lapangan, 4)Mempertahankan keramahan pelayanan pada saat melakukan pendekatan personal selling dengan nasabah sehingga dapat menjadi kerjasama jangka panjang, 5)Selalu cepat tanggap dalam menghadapi keluhan nasabah sehingga terciptanya kesan baik dari nasabah dan mendapatkan preferensi nasabah baru dari nasabah lama. Kendala yang dihadapi pada saat melakukan personal selling pada produk funding: Masih kurangnya SDM untuk melakukan personal selling, tidak sejalannya waktu dengan nasabah, membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk membujuk nasabah, adanya BPR dan BPRS saingan, memiliki target pasar yang sama dengan pesaing.
Downloads
References
Ainulyaqin, Muhammad Hamdan. 2021. Analisis Peranan Strategi Marketing Funding dalam Peningkatan Jumlah Nasabah dan Dana Pihak Ketiga. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah. 3(1):146
Andrianto, dan M Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah. Jakarta: CV Penerbit Qiara Media
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak
Astuti, Tri Yuli. 2017. Analisis Strategi Personal Selling dalam Perkembangan Jumlah Tabungan Anggota di BMT Al-Fath Mandiri Karongwotan Pati. Kudus: STAIN Kudus
Banjarnahor, Astri Rumondang dkk. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Budiarta, Kustoro. 2009. Pengantar Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media
Caroline dan dkk. 2021. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Cirebon: Insania
DF, Fajar Nur’aini. 2016. Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia
Febiola, Nimas Ayu Putri. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Personal Selling pada Produk Syariah Pembiayaan dalam Meningkatkan Penjualan Polis Asuransi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung
Firmansyah, Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media
Haryanto, Rudy. 2020.Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Pamekasan: Duta Media Publishing
Huda, Nurul, dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Depok: KENCANA
Ibrahim, Muh Nur Eli. 2021. Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET
Ikit. 2018. Manajemen Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Gava Media
Kaluku, Firliyanti. 2018. Analisis Bauran Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA. 6(2): 890
Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: KENCANA
Kurniawan, Muhammad. 2021.Bank dan Lembaga keuangan Syariah. Jawa Barat: Cv Adanu Abitama
Melati. 2020. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama
Nasional, Departemen Pendidikan. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Putri, Sintia Anggriani. 2021. Analisis Strategi Personal Selling pada Produk Tabungan Impian Ib di Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Majapahit 2 Dimasa Pandemic Covid 19. Ponorogo: IAIN Ponorogo
Rahim, Abd Rahman. 2016. Manajemen Strategi. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar