PENGUJIAN PENGARUH PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI

Authors

  • Indriyanti Indriyanti Universitas Tridinanti
  • Padriyansyah Padriyansyah Universitas Tridinanti

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.717

Keywords:

Current Ratio, Debt To Asset Ratio dan Pertumbuhan Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan secara parsial dan simultan current ratio, debt to asset ratio terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel dengan cara sampel jenuh. Sampel penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 berjumlah 11 perusahaan, dengan data laporan keuangan 3 tahun. Penelitian ini penulis menggunakan metode data kuantitatif atau statistik bertujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Adapun teknik analisis ini menggunakan uji persyaratan analisis data, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefesien determinasi, serta pengujian hipotesis T dan F.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial current ratio tidak berpengaruh signifikan dan debt to asset ratio berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Sedangkan secara simultan current ratio dan debt to asset ratio berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021.

 

 

References

Ghozali, Imam. Aolikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro, 2011.

Harahap, Sofyan Syafri. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Kesatu. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2016.

Jurnal

Afrizal, Andi. "Analisis Pengaruh Current Ratio, Total Assets Turn Over, Dan Gross Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Finance Di Indonesia." Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 2019: 8.

Andriyani, Ima. "Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia." Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.13 No. 3, 2015: 344.

Irawan, Mohamad Rizal Nur. "Pengaruh Modal Usaha dan Penjualan Terhadap Laba Usaha pada Perusahaan Penggilingan Padi UD. Sari Tani Tanggerejo Kedungpring Lamongan." Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, 2016: 77.

Jurniansyah, Rio, Novika, Fery Panjaitan. "Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020." Jurnal Akuntansi dan Bisnis Keuangan , 2021: 78.

Kristianti, Aprida. "Pengaruh Modal Kerja dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Otmotof yang Terdaftar di Bursa efek IndonesiaPeriode 2013-2017." Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya, 2021: 60.

Kurniawan, Elan dan Siti Nur Aisah. "Pengaruh Set Kesempatan Investasi, Konservatisme dan Pertumbuhan Laba Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia." Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 2 No. 1, 2020: 57.

Ningsih, Sri Rahayu, Sri Utiyati. "Pengaruh Current Ratio, Debt To Asset Ratio dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 9 No. 6, 2020: 13.

Ningsih, Sri Rahayu, Sri Utiyati. "Pengaruh Current Ratio, Debt To Asset Ratio dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 2020: 2.

Silfi, Alfiati. "Pengaruh Pertumbuhan Laba, Struktur Modal, Likuiditas dan Komite Audit Terhadap Kualitas Laba." Jurnal Valuta Vol.2 No. 1, 2016: 18.

Sanjaya, Surya. "Pengaruh Current Ratio, Debt To Asset Ratio dan Total Asset Turn Over Terhadap Ruturn On Asset Pada Perusahaan Otomotif dan Komponennyayang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia." Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 2019:

Pandegirot, Sonia Ch. G., Paulina Van Rate, Joy E. Tulung. "Analisis Pengaruh Currnet Ratio, Institutional Ownership, Debt To asset Ratio Terhadap Kondisi Financial Distress pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia 2013-2017." Jurnal EMBA, 2019: 3341.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Indriyanti, I., & Padriyansyah, P. (2022). PENGUJIAN PENGARUH PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 198–209. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.717