STUDI LITERATUR PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN TINGKAT EFEKTIVITAS PEKERJAAN TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT DI INDONESIA

Authors

  • Jahira Fajri Madani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Putri Andini Novianti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rhaina Al Yasin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Marina Ery Setiyawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.714

Keywords:

efektivitas kerja, kesehatan masyarakat, pertumbuhan ekonomi

Abstract

untuk menciptakan kesejahteraan bangsa mewujudkan pembangunan berkelanjutan adalah salah satu caranya. Hal ini terdapat pada salah satu tujuan SDGs, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan. Banyak dari negara berkembang di dunia sedang berusaha dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi juga taraf hidup warganya, salah satunya adalah Indonesia. tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan tingkat efektivitas pekerja dengan peningkatan kesehatan masyarakat di Indonesia. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Literatur Review dengan mengkaji beberapa artikel penelitian yang pernah diterbitkan dan berkaitan dengan masalah penelitian yang sama. Berdasarkan 6 jurnal yang telah dianalisis terdapat persamaan bahwa dengan peningkatan kesehatan akan berpengaruh baik terhadap pertumbuhan ekonomi dan tingkat efektivitas tenaga. hal ini dikarenakan efektivitas dan produktivitas bekerja menjadi faktor utama dalam pertumbuhan ekonomi. Sehingga semakin baik derajat kesehatan seseorang akan mendorong tingkat produktivitas dan efektivitas dalam bekerja yang kemudian akan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi.

References

Amar, Syamsul., Alpon, S. (2019). PENGARUH KONDISI KESEHATAN MASYARAKAT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SUMATERA BARAT. Padang: Jurnal Kesehatan Medika Saintika. Volume 10 Nomor 2.

Dianaputra, I. G. K. A., & Aswitari, L. P. (2017). Pengaruh Pembiayaan Pemerintah di Sektor Pendidikan dan Kesehatan Terhadap Indeks Kualitas Manusia Serta Pertumbuhan Ekonomi pada Kabupaten/Kota Provinsi Bali Tahun 2011-2015. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(3), 165358.Sasongko, H., Ilmiyono, A. F., & Aldillah, Z. H. (2021). PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2016-2019. JURNAL AKUNIDA, 7(1), 12-29.

Franata, A., Rhegina., Dwi. (2022). Indikator Pekerjaan Yang Layak Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Publication: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.

Muda, R., Koleangan, R. A., & Kalangi, J. B. (2019). Pengaruh Angka Harapan Hidup, Tingkat Pendidikan Dan Pengeluaran Perkapita Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Sulawesi Utara Pada Tahun 2003-2017. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01).

Muqorrobin, M. (2017). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).

Nialda, R. A., Kaawoan, J. E., & Sampe, S. (2021). Peranan Dinas Tenaga Kerja Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGS) Pekerjaan Layak Di Kabupaten Minahasa Utara. GOVERNANCE, 2(1).

Pane, N., Sembiring, S. D. B., & Unsa, I. (2020). PENGARUH PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR KESEHATAN, PENDIDIKAN DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI SUMATERA UTARA. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(2), 172-182.

Susanti, E. (2020). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Kesehatan, dan Infrastruktur Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Kalimantan Timur. ECO-BUILD; Economy Bring Ultimate Information All About Development Journal, 4(2), 25-34.

Sudrajat, T. (2020). Perlindungan Hukum dan Pemenuhan Hak Pekerja pada Program Jaminan Kesehatan Nasional. Pandecta Research Law Journal, 15(1), 83-92.

Setioko, S. (2018). Dinamika Kepegawaian dan Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 14(2), 1-19.

Syahputra, R. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2), 183-191.

Tjodi, A. M., Rotinsulu, T. O., & Kawung, G. M. (2021). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan dan Belanja Modal terhadap Indeks Pembangunan Manusia melalui Pertumbuhan Ekonomi (Studi di Provinsi Sulawesi Utara). Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(4), 27-44.

Umam, K., & Atho’illah, A. Y. (2021). Strategi pengembangan sumber daya manusia karyawan commanditaire vennootschap dalam meningkatkan efektivitas kinerjanya. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(1), 68-83.

Downloads

Published

2022-11-23

How to Cite

Jahira Fajri Madani, Putri Andini Novianti, Rhaina Al Yasin, & Marina Ery Setiyawati. (2022). STUDI LITERATUR PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN TINGKAT EFEKTIVITAS PEKERJAAN TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT DI INDONESIA. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 187–197. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.714