DAMPAK KOMITMEN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DPRD KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Authors

  • Zuwairiyah Hutabarat STIE Al-Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
  • Rosmita Ambarita STIE Al-Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah
  • Fauziah Nur Simamora STIE Al-Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.701

Keywords:

Komitmen, karakteristik individu dan kinerja pegawai.

Abstract

Kesuksesan sebuah organisasi tidak terlepas dari kinerja pegawainya. Kinerja pegawai akan tinggi apabila memiliki komitmen yang baik terhadap organisasi. Pada dasarnya setiap pegawai memiliki komitmen yang berbeda, salah satu penyebab perbedaan tersebut adalah dikarenakan perbedaan karakteristik pegawai. Untuk itu organisasi sebaiknya melakukan pembagian tugas yang disesuaikan dengan karakteristik pegawai untuk dapat meningkatkan komitmen pegawai dalam bekerja dan mampu menghasilkan kinerja yang baik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dampak komitmen dan karakteristik individu berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Kantor DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilakukan pada Kantor DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah yang beralamat di Jln. Raja Junjungan Lubis Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitaian dilakukan pada bulan April 2022 sampai dengan bulan September 2022 Untuk penelitian ini populasi berjumlah 43 orang. Populasi diambil dari seluruh pegawai Kantor DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah. Dikarenakan jumlah populasi dibawah 100 orang, maka penulis mengambil seluruh populsdi untuk dijadikan sampel sebanyak 43 orang.

Dari perhitungan instrument penelitian, diperoleh hasil antara variabel X, X2 dan Y setiap butirnya dinyatakan valid karena nilai Corrcted item total lebih besar dari nilai r kritis (0,30). Dari perhitungan instrument data penelitian, diperoleh hasil antara variabel X dan Y dinyatakan reliabel karena Cronbach Alpha berada diatas 0,60. Dari uji normalitas, seluruhnya menunjukkan bahwa distribusi data tidak menyalahi asumsi normalitas yaitu berbentuk lonceng dan sebaran data dekat dengan garis diagonal dalam kurva normal P-P Plot serta nilai sig pada tabel non paramertik lebih besar dari 0,05 sehingga untuk variable. Terdapat hubungan positif antara komitmen dengan kinerja pegawai sebesar 0,742 dan komitmen dan hubungan karakteristik individu dengan kinerja pegawai sebesar 0,297. Dari uji hipotesis yang dilakukan dan dengan membandingkan antara nilai t hitung dengan nilai t tabel didapat bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel ini berarti bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternative (Ha).

References

Allen dan Mayer (2016). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Yogjakarta : BPFE. Amstong dan Baron (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Malang: UB Press.

Boeree, (2013). Personality Theories. Jogyakarta: Prismasophie

Dantes, Nyoman. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta : Andi Offset. Dyne dan Graham. (2015). Organizational Citizenship Behavior, Construct

Redefinition Measurement and Validation. Academic Management Journal

Fadel Muhammad. (2014). Kinerja pemerintahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Ghozali, Imam.(2014). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM.SPSS 23.Semarang: Universitas Diponegoro

Gibson. (2013). Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, dan Proses. Terjemahan. Edisi 4. Jakarta: Erlangga K.

Sopiah (2013). Mengukur Kepuasan Kerja. Erlangga Jakarta

STIE Al-Washliyah Sibolga / Tapanuli Tengah, (2022), Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi / Laporan Penelitian. Sibolga: STIE Al- Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Bisnis, cetakan ke enam belas, Bandung : Alfabeta.

(2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

(2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta Kualitatif, dan.

Sunjoyo. dkk. (2013). Aplikasi SPSS untuk Smart Riset. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Subyantoro, Arief. (2014). Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Karakteristik Organisasi Dan Kepuasan Yang dimediasi Oleh Motivasi Kerja, Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(1), 11-19.

Teguh Ambar, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep, Teori Dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik, Jakarta, Graha Ilmu.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Parsada Widianingrum, Hesty. (2015). Karakeristik Organisasi. Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Wirawan (2013). Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta: Graha Indonesia.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Zuwairiyah Hutabarat, Rosmita Ambarita, & Fauziah Nur Simamora. (2022). DAMPAK KOMITMEN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DPRD KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 130–143. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.701