STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI MA ANNURIYYAH
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i4.673Keywords:
Strategi, Kepala Madrasah, Manajemen Konflik.Abstract
Konflik adalah bentuk perlisihan alamiah yang terjadi antara individu maupun kelompok karena mempunyai perbedaan baik sikap, kepercayaan, nilai-nilai, maupun kebutuhan. Konflik tidak harus selalu diartikan sebagai penghancur atau usaha untuk menghancurkan suatu lembaga pendidikan. Adanya konflik di sebuah lembaga pendidikan tentunya tidak dapat dihindari karena konflik diakibatkan karena banyak faktor atau keadaan. Konflik tidak selalu berakibat buruk, tetapi juga bisa berdampak positif, selama dikelola dengan baik. Disinilah kepala madrasah sangat dibutuhkan untuk mengelola konflik di suatu sekolah yang dipimpinnya. Kepala Sekolah tentunya harus membuat atau menyiapkan strategi agar nantinya permasalahan yang timbul di sekolah tersebut dapat dikendalikan dengan baik dan maksimal. Hal itu sesuai dengan tugas dan fungsi kepala madrasah sebagai penengah, sehingga nantinya konflik tersebut tidak menjadi penghambat madrasah untuk mencapai misi dan tujuannya.
Downloads
References
Alwi, Habib. 2016. “Pengantar Studi Konflik Sosial: Sebuah Tinjauan Teoritis. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram.
Hasanah, Uswatun. 2020. “Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pada Lembaga Pendidikan Islam”.Jurnal Kependidikan Islam, 10, No. 1.
Muspawi, Mohamad. 2014. Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi). Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora. 16.(2), 41-46
Nasution, Inom. 2010. “Manajemen Konflik Di Sekolah”, Visipena, 1, No. 1.
Tambunan, Toman Sony. 2015. “Pemimpin Dan Kepemimpinan”. yogyakarta:Graha Ilmu.
Wahyudi. 2006. Manajemen Konflik dalam Organisasi. Bandung: Alfabeta