Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa

Authors

  • Rafly Satrio Universitas Pamulang
  • Kiki Anggar Wati Universitas Pamulang
  • Anardia Destiyana Universitas Pamulang
  • Rudi Sanjaya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4468

Keywords:

Hedonism Lifestyle, Financial Management, Students, Consumptive Behavior, Financial Literacy

Abstract

Diverse human needs require individuals, especially students, to manage their personal finances wisely. However, the increasingly ingrained hedonistic lifestyle among students has the potential to influence their financial behavior. This study aims to analyze the influence of a hedonistic lifestyle on students' financial management behavior. Students often have greater financial freedom after entering college, but also face challenges in managing their personal finances, especially with increasing access to consumptive consumption. This study uses a quantitative descriptive approach. The results of the analysis show that a hedonistic lifestyle has a negative influence on financial management behavior, where students who tend to have a consumptive lifestyle show lower financial management skills. These findings are expected to be the basis for providing better financial literacy education for students.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brilianti, T. R. (2019). Pengaruh pendapatan, pengalaman keuangan dan pengetahuan keuangan terhadap perilaku keuangan keluarga di kota Madiun (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).

Chotima, C. (2015). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, sosial ekonomi orang tua, pengetahuan keuangan, kecerdasan spiritual, dan teman sebaya terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa S1 pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181.

Creswell, J. W. (1998). Qualitatif Inquiry and Research Design. California: Sage Publications.

Cummins, M. M., Haskell, J. H., & Jenkins, S. J. (2005). Financial attitudes and spending habits of university freshmen. In Allied Academies International Conference. Academy for Economics and Economic Education. Proceedings (Vol. 8, No. 1, p. 3). Jordan Whitney Enterprises, Inc.

Kosyu, D. A., Hidayat, K. & Abdilah, Y. (2014). Pengaruh hedonic shopping motives terhadap shopping lifestyle dan impulse buying (Survei pada pelanggan outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2), 1-7.

Nofitriani, N. N. (2020). Hubungan antara kontrol diri dan harga diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget pada siswa kelas XII SMAN 8 Bogor. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 53-65.

Nurvitria, A. L. (2015). Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa jurusan PPB 2013 FIP UNY. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.

Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & Sunarti, S. (2018). Pengaruh kecerdasan spritual dan gaya hidup hedonisme terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 147-162.

Pramudiana, I. D. (2017). Perubahan perilaku konsumtif masyarakat dari pasar tradisional ke pasar modern. Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern, 1(1), 35-43.

Pulungan, D. R., Koto, M., & Syahfitri, L. (2018, September). Pengaruh gaya hidup hedonis dan kecerdasan emosional terhadap perilaku keuangan mahasiswa. In Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 401-406).

Rahmat, A., Asyari, A., & Puteri, H. E. (2020). Pengaruh hedonisme dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(1), 39-54.

Rasyid, R. (2012). Analisis tingkat literasi keuangan mahasiswa program studi manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 1(2).

Rumianti, C., & Launtu, A. (2022). Dampak Gaya Hidup Hedonisme terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi pada Mahasiswa di Kota Makassar. Economics and Digital Business Review, 3(2), 21-40.

Sangadji, E. M., & Sopiah, M. P. (2014). Perilaku konsumen, Pendekatan Praktis disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi.

Shalahuddinta, A. (2014). Pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, pengalaman bekerja dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Simamora, J. (2014). Perilaku Hedonisme di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara) (Doctoral dissertation).

Singarimbun, M. & Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sudarsih, S. (2011). Konsep hedonisme epikuros dan situasi Indonesia masa kini. Humanika, 14(1).

Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital?. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Vinasty, R. Z., Monica, C., Wangisuta, G. M., Salsabila, K. S., & Kembara, M. D. (2024). Implikasi Kemajuan Teknologi terhadap Jiwa Nasionalisme dan Semangat Cinta Tanah Air terhadap Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 888-902.

Wijaya, A. P., & Yuniarinto, A. (2015). Pengaruh Hedonisme dan Materialisme Terhadap Kecenderungan Pembelian Kompulsif Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(1).

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26.

Zakia, A., Adisti, A. A., & Asmarani, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli Dan Tingkat Konsumsi (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 449-457.

Published

2024-11-07

How to Cite

Rafly Satrio, Kiki Anggar Wati, Anardia Destiyana, & Rudi Sanjaya. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 26–35. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4468