Apakah Persepsi Harga dan Cita Rasa Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Rocket Chicken

Authors

  • Munawaroh Munawaroh Universitas Duta Bangsa
  • Septiyanitha Dwi Maharani Putri Universitas Duta Bangsa
  • Rayhan Gunaningrat Universitas Duta Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i1.3275

Keywords:

Price Perception, Taste, Purchasing Decisions, Geprek Chicken, Rocket Chicken

Abstract

This research aims to determine the role of price and taste perceptions on purchasing decisions for rocket fried chicken. The variables used in this research are price and taste perceptions as independent variables, purchasing decisions as the dependent variable. The data collection technique used in this research is data from questionnaire answers distributed to respondents on a Likert scale with the highest value being 5 and the lowest being 1. The data analysis technique used in this research uses Smart (PLS) Partial Least Squares. The population in this research is the number of consumers purchasing Geprek Chicken for Students of the Faculty of Law and Business, Duta Bangsa Angakatan University, Surakarta in 2020, namely 358 students as consumers. The sample used in this research was 71.6 respondents. The research results show that price perceptions have a positive influence on purchasing decisions and taste has a positive influence on purchasing decisions.

References

Achidah, N. d. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio Gt (Study Empiris pada Produk Yamaha Mio GT di Weleri-Kendal). Journal Of Management, Volume 2 Nomor 2.

Agmasari, S. (2018). ApaBedanyaAyamGeprekdanAyamPenyet? Diambil kembali dari Kompas.com: http://travel.kompas.com/id-id/kuliner/berita/ayam-geprek-penyet-dan-ayam-gepuk-apabedanya/ar-BB15mVF?li=AAv04jD

Anugrah Janwar Tunis, S. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di The Secret FActory Otlet. Jurnal Pariwisata, 60 - 72.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Basu, S. &. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Bismala, L. e. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Fasya, D. A. (2020). Pengaruh Kemasan dan CIta Rasa Terhadap Cita Rasa Terhadap Keputusan pembelian Konsumen Mie Instan Indomie (Studi pada Mahasiswa/i Universitas Perjuangan Tasikmalaya). Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER), 167-176.

Harahap, L. K. (2018). Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square). Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Joshua, D. &. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Enterpreneur dan Enterpreneurship, Volume 5, Nomor 1.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. A. (2008). Prinsip - prinsip Pemasaran . Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. d. (2012). Dasar - Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kusumaningrum, F. D. (2019). PENGARUH WARNA CANGKIR TERHADAP PERSEPSI CITA RASA MINUMAN KOPI PADA MAHASISWA ANGKATAN 2018 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

LM, D. K. (2010). Nutrition for Foodservice and Culinary Professional's. New Jersey: Seventh Edition.

Maimunah. (2019). pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. 1(2), 57-68.

Martias, L. D. (2021). Statistika deskriptif sebagai kumpulan informasi. Fihris : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi , 40-59.

Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Munawaroh Munawaroh, Septiyanitha Dwi Maharani Putri, & Rayhan Gunaningrat. (2023). Apakah Persepsi Harga dan Cita Rasa Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Rocket Chicken. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(1), 36–52. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i1.3275