Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Membeli Rokok Di Tobacco House Lombok

Authors

  • Lalu Gagarin Universitas Mataram
  • Akhmad Saufi Universitas Mataram
  • Handry Sudiarta Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i3.2293

Keywords:

Taste, Price and Consumer Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of taste and price on consumer satisfaction in buying cigarettes at Tobacco House Lombok. The population of this study were consumers who had purchased cigarettes at the Lombok Tobacco House. The data collection method uses a survey research method. Data collection techniques use questionnaires and online surveys with data collection tools, namely questionnaires. In addition, this study used a sample of 100 people with a purposive sampling method. This type of research is causal associative. Data processing in this study used SPSS 24.0 for Windows. The results of this study indicate that taste (X1) has a positive and significant effect on consumer satisfaction (Y ) with a t-test value of 2,614 and is at a significance of 0.010 and the results of the regression test are 24.4 and price (X2) has a significant positive effect on consumer satisfaction (Y) with a t-test value of 3.482 and a significance of 0.001 and a regression test result of 27.0.

References

Alma, B. (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Anas, A. (2017). Pengaruh Kenikmatan Makanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Sate Padang Kupak. Jurnal Ilmiah Maksitek, 2(4), 1–13.

Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bkpk, Humas. Perokok Dewasa di Indonesia Meningkat Dalam Sepuluh TahunTerakhir. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/perokok-dewasa-di-indonesia-meningkat-dalam-sepuluh-tahun-terakhir/

Boy S. Sabarguna, 2005. Pemasaran Rumah Sakit Jogjakarta. Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng. DIY.

Budi, Agung Permana. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Bramantoro,T, (2017). Pengantar Klasifikasi dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan.Surabaya: Airlangga University Press.

Daga, Rosnaini. 2017. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global Research and Consulting Institute.

Drummod KE & Brefere LM. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary Professionals, Seventh Edition. New Jersy: Jhon Wile & Sons,

Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor : Ghalia Indonesia

Fatihudin, D. dan Firmansyah M.A. 2019. Service Marketing (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Depublish.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian Untuk Penelitian Skripsi) Doctoral dissertation, Thesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi kelima. Semarang: UNDIP

Gustriana, Ndayu (2019). Pengaruh Cita Rasa, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Prasmanan Sederhana 1 Tegal Gede Cikarang Selatan.

Ivanov, Muhammad Ryan (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedap Korean Spicy (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uir). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. Index.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Limakrisna, N. dan Purba, T.P, (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia, jilid Mitra Wacana Media. Bogor

Malau, Harman. 2017. ManajemenPemasaran. Alfabet cv. Bandung.

Marita, Eva (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Rumah Makan BOOM! Burger Medoho Semarang). Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Pratama, Santi Yoga (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Agya Collection Ponorogo. IAIN PONOROGO

Rakhman, H.Y, 2013. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Produk Rokok Fit Mild Bright Di Wilayah Perkotaan Kab. Jember

Rizki, Andi Muhammad (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Perkebunan Nusantara XIV(Persero) PG CAMMING.

Sanusi. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setyo, Purnomo Edwin, 2017, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyanto, S. Dan Ernawaty. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi.

Suyanto, 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia, (Yogyakarta: ANDI, 2007), hlm. 16.

Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi PemasaranI. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Yulianti, Farida, Lamsah dan Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Lalu Gagarin, Akhmad Saufi, & Handry Sudiarta. (2023). Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Membeli Rokok Di Tobacco House Lombok. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 223–239. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i3.2293