Pemberdayaan Agribisnis Syariah dalam Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Muhammad Hafidz Fajri Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah
  • Mashudi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i3.2054

Keywords:

Agribisnis, Syariah, Subsistem, Subsidi, Pemberdayaan Petani

Abstract

Agribisnis merupakan bagian integral dari kehidupan manusia, dan dalam Islam, seluruh komponen kegiatan manusia diatur oleh prinsip-prinsip agama. Namun, agribisnis syariah belum sepenuhnya menangani aspek teknis seperti on-farm. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memilah agribisnis berdasarkan subsistem agribisnis dan mendekatinya secara syar'i pada masing-masing subsistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa agribisnis syariah setuju dengan pemberian subsidi pengadaan saprotan sebagai bagian dari upaya pengadaan pangan, yang merupakan pemenuhan kebutuhan pokok warga negara yang menjadi tanggung jawab negara. Konsep kepemilikan merupakan alternatif strategis untuk pengadaan dana yang diperlukan dalam memberikan subsidi bagi sektor pertanian, di mana dana tersebut dapat bersumber dari aset yang termasuk dalam kategori kepemilikan umum. Untuk setiap subsistem agribisnis yang tidak terkait dengan ideologi atau keyakinan, konsepsi syariah memberikan keterbukaan untuk mengadopsi, mengembangkan, dan bekerjasama dengan berbagai pihak, baik muslim maupun non-muslim. Pemerintah dapat mengembangkan sumber daya manusia petani, memperkuat kelembagaan petani, serta meningkatkan riset yang mendorong kemandirian petani dalam mencapai keamanan dan kedaulatan pangan, agar mencapai tujuan syariah yaitu untuk kemaslahatan ummat.

References

An-Nabhani, Taqyuddin. An-Nidzam al-Iqtishody (Beirut: Dar al-Bayariq, Edisi Revisi 2004).

Bordenave, Juan Diaz. "Komunikasi Inovasi Pertanian di Amerika Latin," dalam Everett M. Rogers (ed.), Komunikasi dan Pembangunan: Perspektif Kritis, terjemahan Dasmar Nurdin (Jakarta: LP3ES, 1998).

Bremmer, Ian. The End of Free Market, edisi Bahasa Indonesia terjemahan Alex Tri Kantjono Widodo (Jakarta: Gramedia, 2011).

Callinicos, Alex. Sembilan Tesis Anti Kapitalisme (Yogyakarta: Multi Solusindo, 2011).

Fahd, Toufic. "Botany and Agriculture," dalam Roshdi Rashed (ed.), Encyclopedia of The History of Arabic Science (London and New York: Routledge, 1996).

Holid, I. "Mengkaji ulang kebijakan pertanian nasional," Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, 10(1), 49-76 (2011).

Rogers, Everett M. Communication and Development: Critical Perspectives, edisi Bahasa Indonesia terjemahan Dasmar Nurdin (Jakarta: LP3ES, 1989).

Said, Endang Gumbira dan Harits Intan. Manajemen Agribisnis (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2001).

Said, Endang Gumbira dan Yayuk Eka Pratiwi. Agribisnis Syariah: Manajemen Agribisnis dalam Perspektif Syariah Islam (Jakarta: Penebar Swadaya, 2005).

Strahm, Rudolf H. Kemiskinan Dunia Ketiga, Menelaah Kegagalan Pembangunan di Negara Berkembang (Jakarta: PT Pustaka Cidesindo, 1999).

Vernon Katz, Lilian. "Characteristics and Background of Entrepreneurs," dalam Robert D. Hisrich dan Michael P. Peters (eds), Entrepreneurship: Starting, Developing, and Managing a New Enterprise (Boston: Richard D. Irwin, Inc., 1992).

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Muhammad Hafidz Fajri, & Mashudi. (2023). Pemberdayaan Agribisnis Syariah dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 69–84. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i3.2054